Mengalami Gejala Covid-19 Seperti Ini, Segera Minta Pertolongan Medis!

gejala Covid-19

TOPMETRO.NEWS – Apa gejala Covid-19? Belum semua yang tahu. Kenaikan kasus positif bahkan meningkat lebih dari 20 ribu dalam sehari. Bahkan kapasitas ruang perawatan rumah sakit nyaris penuh dengan pasien bergejala sedang hingga berat.

Sebagaimana diketahui, ledakan kasus Covid-19 ini disebabkan adanya mobilitas masyarakat yang tinggi sejak libur panjang Idul Fitri 1442H/2021.

Selain itu saat ini masih banyak pula masyarakat yang melanggar protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Karena keterbatasan ruang perawatan, saat ini pasien tanpa gejala dan bergejala ringan diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun bila gejala Covid-19 sudah masuk kategori sedang dan berat (kritis) seseorang perlu mendapat pertolongan medis.

Merangkum dari laman Instagram resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), @kemenkes_ri, Senin (28/6/2021), segera minta pertolongan medis apabila mengalami gejala sedang dan berat Covid-19 seperti ini.

1. Gejala sedang

Gejala: Demam, batuk (umumnya batuk kering ringan), kelelahan ringan, anoreksia, sakit kepala, kehilangan indra penciuman/anosmia, kehilangan indra pengecapan/ageusia, malgia dan nyeri tulang, nyeri tenggorokan.

Selain itu, pilek dan bersin, mual, muntah, nyeri perut, diare, konjungtivitas, kemerahan pada kulit atau perubahan warna pada jari-jari kaki, frekuensi napas 20-30 kali per menit, saturasi oksigen kurang dari 95%, dan sesak napas tanpa distress pernapasan.

2. Gejala berat atau kritis

Gejala: Demam, batuk (umumnya batuk kering ringan), kelelahan ringan, anoreksia, sakit kepala, kehilangan indra penciuman/anosmia, kehilangan indra pengecapan/ageusia, malgia dan nyeri tulang, nyeri tenggorokan.

Selain itu, pilek dan bersin, mual, muntah, nyeri perut, diare, konjungtivitas, kemerahan pada kulit atau perubahan warna pada jari-jari kaki, frekuensi napas lebih dari 30 kali per menit, saturasi oksigen di bawah 95%, sesak napas dengan distress pernapasan.

TOPIK SERUPA | Positif COVID-19, BCL: Mentalku Down

Seperti diberitakan topmetro.news sebelumnya selebritis multitalenta Bunga Citra Lestari atau BCL, belum lama ini mengumumkan bahwa dirinya positif terinfeksi COVID-19. Informasi tersebut diunggah BCL ke akun Instagram pribadinya.

Setelah dinyatakan positif COVID-19, BCL kemudian menjalani isolasi bersama dengan teman-temannya yang juga positif COVID-19, salah satunya adalah Dena Rachman.

Melalui Instagram pribadinya, BCL mengunggah foto saat tengah menjalani isolasi bersama teman-temannya tersebut. Melalui caption yang ditulis dalam unggahannya itu, BCL mengungkapkan isi hatinya, ia mengaku down gara-gara positif COVID-19.

“Isolation day 6. Today I want to share a little bit about how I feel.. Ternyata ga hanya menimbulkan gejala-gejala yang bersifat fisik, COVID juga membuat mentalku down.. Walaupun aku di sini menjalani isolasi tidak sendiri, tapi bersama dengan 4 orang sahabat yang juga sama-sama terinfeksi –– sometimes, I still feel low,” tulis BCL, Minggu, 20 Juni 2021.

sumber\foto | okezone\merdeka
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment