Ki Manteb Sudharsono ‘Pancen Oye’ Tutup Usia

Ki Manteb Sudharsono

Topmetro.News – Ki Manteb Sudharsono, dalang kenamaan asal Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah dilaporkan meninggal dunia di rumahnya, Jumat (2/7/2021). Kabar duka ini langsung disampaikan Sekretaris Paguyuban Dhalang Surakarta (Padhasuka), Ki Sugeng Nugroho.

“Mas Manteb wafat pagi tadi. Baru saja saya dikabari Mbak Warti (istri Ki Manteb). Mas Manteb wafat di rumahnya. Ini saya sedang perjalanan ke rumah duka,” ujar Ki Sugeng.

Ki Sugeng belum bisa memberikan informasi lebih jauh mengenai penyebab wafat Ki Manteb maupun rencana pemakamannya.

“Nanti saya kabari lagi informasinya,” ujar Ki Sugeng yang kini menjabat Dekan Fakultas Pertunjukan ISI Surakarta itu.

Sekadar diketahui Ki Manteb Sudharsono merupakan sesepuh dalang gaya Surakarta. Gaya sabetnya yang terkenal hingga dia menjabat julukan ‘dalang setan’ karena kepiawaian dan kecepatan memainkan anak wayang, terutama dalam adegan perang.

Kelahiran Dalang Pancen Oye

Sebelum dilahirkan, orang tuanya hendak memberi nama Soedharsono. Namun, seiring pertambahan usia kehamilan, ibunya Soedarti mengidam rokok siong manteb, yakni rokok yang terbuat dari campuran tembakau, klembak serta kemenyan.

“Ya akhirnya nama rokok itu menjadi nama depan saya. Akhirnya lahirlah saya yang seperti ini,” katanya dalam sebuah wawancara tahun 2019 silam.

TOPIK SERUPA | Pelawak Edison Sibuea ”Apa Katanya, Apa Kau Bilang” Meninggal Dunia

Seperti diberitakan Topmetro.News sebelumnya, pelawan Edison Sibuea yang tenar dengan ”Apa Katanya, Apa Kau bilang” dilaporkan meninggal dunia, Rabu (30/6/21). Edison Sibuea dikabarkan sudah tiada setelah menjalani perawatan selama 8 hari di ICU karena menderita Covid-19.

Kabar duka ini didampaikan akun Facebook Arecson Yahya Sitinjak. Dia mengunggah foto Edison Sibuea dan menuliskan kabar sang pelawak itu telah pergi untuk selamanya.

sumber\foto | mistar\detik\cnnindonesia
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment