Pelawak Edison Sibuea ”Apa Katanya, Apa Kau Bilang” Meninggal Dunia

Pelawan Edison Sibuea

Topmetro.News – Pelawan Edison Sibuea yang tenar dengan ”Apa Katanya, Apa Kau bilang” dilaporkan meninggal dunia, Rabu (30/6/21). Edison Sibuea dikabarkan sudah tiada setelah menjalani perawatan selama 8 hari di ICU karena menderita Covid-19.

Kabar duka ini didampaikan akun Facebook Arecson Yahya Sitinjak. Dia mengunggah foto Edison Sibuea dan menuliskan kabar sang pelawak itu telah pergi untuk selamanya.

“RIP Edison Sibuea, komedian Batak yang terkenal dengan istilah ‘Apa katanya, apa kau bilang’,” tulis akun itu.

“Selamat jalan sang penghibur, semoga amal ibadahmu diterima Tuhan, amin,” sambungnya.

“Selamat jalan ke Rumah Bapa di Sorga laeku na burju. Seorang seniman,pencipta lagu,pelawak dan penghibur sejati. Setelah 8 hari kau berjuang melawan virus Covid-19 di ICU RSUD BEKASI Tuhan memanggilmu hari ini,” tulis salah seorang warganet yang menceritakan penyeba meninggalnya Edison.

Disebutkan pula bahwa jenazah Edison Sibuea tak disemayamkan dan akan langsung dikebumikan demi memenuhi protokol yang berlaku.

Sosok Edison Sibuea sebagai seorang pelawak sangat dikenang oleh para penggemarnya terlebih karena lawakannya yang khas yaitu ‘Apa katanya, apa kau bilang’.

Multi Talenta, Musisi, Pelawak dan Pencipta Lagu

Suatu hal yang sangat disyukuri kepada Tuhan, ketika seseorang memiliki tiga talenta dalam bidang seni musik. Walau dengan tingkat pendidikan yang rendah namun motivasi menjalani kehidupan dengan berkarya melalui talenta yang ada tidak pernah surut.

Hal inilah yang terus dialami Edison Sibuea seorang musisi, pelawak, dan pencipta lagu. Label “Lawak Batak Ok Punya” melekat pada dirinya berkat banyaknya lawak Batak yang dibawakan dalam berbagai acara dan ditampilkan di youtube yang dapat diakses setiap orang.

Pria kelahiran 9 Januari 1954 di Pematangsiantar ini bercerita tentang lika-liku kehidupannya dalam berkarier.

Dalam bidang pendidikan, dia termasuk orang yang kurang beruntung karena hanya mengenyam hingga kelas V SD.

“Yang jelas pendidikan saya sangat rendah. Saya tidak tamat SD. Hanya sampai kelas V SD saja,” katanya.

Di jiwa raganya dari sejak kecil yang muncul hanya bidang seni khususnya seni melawak.

“Cita-citaku sian dakdanak holan sada do, ima boi mambahen mengkel jolma. Molo boi hubahen mengkel jolma, nga tung mansai las rohangku,” katanya.

Dalam perjalanan karier yang dimulai sejak 1985, dia telah menciptakan lagu di antaranya “Sudahlah Ito”, “Didia Ho Nuaeng”, “Sapata Ni Ilukki”, “Arga Do Ho di Ahu”, “Debata Na Ni Ida”, dan lainnya. Ciptaannya yang dekat di hati masyarakat adalah lagu “Pegang Gonting Abang” dan “Ho Do Bintanghu”.

Walau Edison Sibuea berprofesi sebagai musisi dan pencipta lagu namun dalam perjalanan waktu lebih banyak dikenal sebagai pelawak. Berbagai album lawak Bataknya dalam bentuk situasi komedi (Sitkom) antara lain album lawak “Sibarbar Losung”, “Lawak Meja”, “Andaliman Group”, “Obama Group”, dan “Lawak Batak Ok Punya”.

Lawak Batak yang paling berkesan dihasilkannya adalah lawak “Apa katanya, Apa kau bilang”. Lewat lawak Sitkom yang sangat digemari masyarakat ini telah melambungkan namanya dalam dunia lawak.

Dalam Pilpres dia juga menciptakan lagu kampanye “Jokowi-JK”, lagu kampanye Pilkada DKI Jakarta “Ahok-Djarot”, serta lagu kampanye Pilkada Tobasa “Darwin Siagian-Hulman Sitorus”.

Edison Sibuea memiliki motto hidup: “Jangan pernah menyerah. Baik atau pun buruk datangnya dari diri kita sendiri.”
”Dia selalu bersemangat berjuang menjalani kehidupan dalam bidang seni musik.”
“Semua itu saya dapatkan tak lain dan tak bukan karena kasih karunia Tuhan. Apalagi melihat latar belakang pendidikan saya yang cuma sampai kelas V SD,” pungkasnya.
Selamat jalan Bang Sibuea, kami ikut berduka.

BACA SELENGKAPNYA | Dulu Jaya, Kondisi 5 Artis Zaman ini Berubah Drastis

Seperti diberitakan topmetro.news sebelumnya banyak yang menilai menjadi artis merupakan profesi menjanjikan. Profesi yang menyuguhkan bayaran besar seolah menjanjikan masa depan cerah dan terjamin.

Namun anggapan itu bertolak belakang dengan kenyataan.

Di antara mereka bahkan meninggal di tengah jeratan kemiskinan. Seperti kehidupan beberapa artis lawas berikut ini. Jika dulunya mereka begitu dikenal, tak demikian sekarang.

sumber\foto | mistar
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment