Supervisi Ketua TP PKK Taput di Desa Aek Siansimun, Harapkan Seluruh Elemen Harus Saling Mendukung

supervisi dan pembinaan

topmetro.news – Ketua TP PKK Taput Satika Simamora SE MM melakukan supervisi dan pembinaan 10 program pokok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Acara berlangsung di Dusun Sitakka Desa Aek Siansimun Kecamatan Tarutung, Jumat (2/7/2021).

Turut bersama Satika, antara lain, Kadis PMD Donni Simamora, Camat Tarutung Reinhard Lumbantobing, dan Kepala Desa Aek Siansimun.

Desa Aek Siansimun menjadi perwakilan Tapanuli Utara sebagai Desa Percontohan PKK Kategori Pemanfaatan Tanah/Pekarangan Hatinya PKK Tingkat Provinsi Tahun 2021.

“Pembinaan PKK Desa ini merupakan langkah perubahan demi kebaikan masyarakat. Termasuk sebagai upaya membina dan memberdayakan keluarga yang bertujuan untuk mewujudkan keluarga sejahtera. Mari bekerjasama dengan seluruh tingkatan PKK untuk melaksanakan 10 Program Pokok PKK. Dan lebih bersungguh-sungguh berkarya di tengah masyarakat. Kegiatan ini sebagai motivasi bagi kita semua. Kita perlu bergandengan tangan bersama seluruh masyarakat,” ujar Ketua TP PKK Taput mengawali.

Lanjutnya, untuk mensukseskan Program PKK, butuh dukungan penuh dari seluruh elemen yang ada di desa maupun dusun. “Jadikan PKK sebagai mitra pembangunan. Begitu juga dengan Karang Taruna, harus menjadi contoh. Kebaikan itu harus diawali dari diri sendiri. Selanjutnya kita dapat mengajak masyarakat di sekitar kita. Ini semua dapat dilaksanakan dengan hasil yang maksimal apabila kita lakukan dengan kasih,” lanjut Ketua TP PKK Taput.

Ia berharap, PKK Dusun Sitakka harus mampu jadi contoh bagi desa maupun dusun lainnya. Katanya, para kader PKK Desa harus mampu kreatif memperdayakan pekarangan rumahnya jadi produktif, bersih, indah, dan asri. “Juga berperan dalam mengembangkan potensi desa. Termasuk kekayaan alam yang kita miliki, kita jadikan itu untuk peningkatan kehidupan masyarakat,” ujar Satika Simamora di akhir arahannya.

Bingkisan Ketua TP PKK Taput

Pada acara supervisi dan pembinaan itu, Ketua TP PKK juga berikan bingkisan minuman dan masker kepada lansia dan kader PKK. Serta bingkisan berupa baju seragam kepada 30 orang lanjut usia, ibu hamil. Juga baju training pada 25 orang Karang Taruna.

Dalam laporannya, Kadis PMD mengatakan, Desa Aek Siansimun juara sebagai desa percontohan tingkat kabupaten. “Kita perlu membina PKK Desa ini untuk selanjutnya mengikuti ke tingkat provinsi. Selain untuk menjadi juara di tingkat yang lebih tinggi, kita harapkan PKK Desa Aek Siansimun akan mampu mewujudkan keluarga sejahtera. Serta semua saling mendukung program pemerintah,” ucap Kadis Donni Simamora.

Peserta kegiatan adalah para kader PKK Desa Percontohan. Kemudian hadir juga para kepala desa, serta tokoh masyarakat Desa Percontohan.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment