Asahan Raih Penghargaan ‘Kabupaten Layak Anak’ dari Kementerian PPPA

Asahan Raih Penghargaan KLA dari Kementerian PPPA

topmetro.news – Pemerintah Kabupaten Asahan meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia.

Untuk mendapat penghargaan tersebut Kabupaten/Kota harus memiliki komitmen untuk menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan anak. Demikian dikatakan Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati MSi saat memberikan arahan kepada Kepala Daerah se-Indonesia secara virtual saat penyerahan penghargaan KLA tahun 2021, Kamis (29/7/2021).

Menteri PPPA memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi yang telah berupaya dan bekerja keras menjadi pelopor. Sehingga Pemerintah Kabupaten/Kota di wilayahnya mendapat predikat KLA tahun 2021.

“Selamat kepada Kabupaten/Kota yang telah menerima penghargaan KLA. Besar harapan kami Kabupaten/Kota yang telah meraih prestasi ini menjadi contoh untuk Kabupaten/Kota lainnya,” ucapnya.

Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Utara yang menerima penghargaan KLA tingkat Pratama: Asahan, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Serdang Bedagai, Karo, Mandailing Natal, Langkat, Labuhan Batu dan Labuhan Batu Utara.

Hari Anak Nasional

Usai menerima pengharagaan KLA, Pkab Asahan memperingati Hari Anak Nasional tahun 2021.

Kepala Dinas  Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Asahan, Drs Muhilli Lubis melaporkan tujuan memperingati Hari Anak Nasional adalah sebagai bentuk penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Bupati Asahan, H Surya BSc mengatakan pada Hari Anak Nasional tahun 2021 ini kita meraih penghargaan KLA tingkat Pratama dari Kementerian PPPA RI. Kriteria Kabupaten/Kota yang mendapatkan penghargaan ini harus memiliki komitmen dalam menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan anak di Kabupaten/Kota masing-masing.

“Kita bangga karena kita telah memiliki komitmen tersebut. Saya meminta kepada OPD dapat memperhatikan hak anak secara khusus,” kata Bupati.

“Kepada gugus tugas KLA agar menargetkan Kabupaten Asahan menjadi KLA tingkat Madya di tahun depan. Saya mohon dukungan dari Forkopimda, karena indikator dalam penilaian tersebut adanya kerjasama Pemda dengan Forkopimda,” lanjut dia.

Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk bekerjasama dalam menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan anak, sehingga anak-anak dapat menjadi berkualitas.

Tampak hadir Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan, Ketua DPRD Asahan, Dandim 0208/Asahan, Kapolres Asahan, Ketua PA Kisaran, Kepala BPS Asahan, Kepala BNN Asahan, Danlanal TBA, Danyon 126/KC, Kajari Asahan, Ketua PN Kisaran, Asisten II, Asisten III, OPD, Ketua TP PKK Asahan, KPAD Asahan, Forum Anak Kabupaten Asahan dan undangan lainnya.

Penulis : En

Related posts

Leave a Comment