Pemko Medan Harus Miliki Strategi Maksimalkan Serapan Anggaran

Pemko Medan Harus Miliki Strategi Maksimalkan Serapan Anggaran

topmetro.news Hampir dua tahun pandemi Covid-19 memberikan dampak keterpurukan perekonomian bagi Kota Medan. Pemko Medan dituntut untuk memiliki strategi guna memaksimalkan serapan anggaran. Sehingga rencana pembangunan dapat terealisasi.

Hal itu dikatakan anggota Komisi IV DPRD Medan, Dedy Aksyari Nasution ST kepada wartawan menyikapi usulan RPJMD Kota Medan tahun 2021-2026 yang telah disampaikan beberapa waktu lalu.

“Wabah Covid-19 tidak menjadi alasan mengganggu total perekonomian rakyat, jika Pemko Medan maksimal menggunakan serapan anggaran. Namun perlu kerjasama sesama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan menjalankan anggaran secara maksimal,” ungkapnya.

Dia berharap, RPJMD tidak hanya menjadi wacana karena OPD tidak sanggup melaksanakan. Sehingga anggaran yang sudah dialokasikan menjadi terbengkalai dan Silpa. Pemko Medan, katanya, harus mempunyai spirit, komitmen dan semangat yang tinggi untuk dapat menyusun rencana RPJMD yang semakin terpadu, aspiratif dan terintegrasi.

“Pemko diharapkan dapat menentukan arah kebijakan dan prioritas program pembangunan secara demokratis dan rasional. Komitmen moral diharapkan mampu menjaga harapan seluruh warga Kota Medan untuk terus membangun Kota berdasarkan potensi yang dimiliki.

Sedangkan terkait 5 program skala prioritas Walikota Medan, ia berharap tidak hanya kelima program yang terdiri dari kesehatan, infrastruktur jalan banjir, drainase, kebersihan dan ekonomi saja. Namun masalah pendidikan harus ikut menjadi priorotas karena sangat penting meningkatkan daya saing pendidikan.

Maksimalkan Serapan Anggaran

Karena dengan memiliki pendidikan dan SDM yang unggul akan mampu mengantisipasi melonjaknya pengangguran. Apalagi dengan banyaknya pengangguran akibat PHK dan dampak Covid 19.

“Janji politik kepala daerah dalam Ranperda RPJMD harus diimplementasikan dan berjalan sesuai visi misi Walikota Medan,” bebernya seraya menyinggung apakah implementasi janji politik sudah termaktub dan bagaimana keterkaitan dengan RPJM Nasional dan RPJM Provinsi.

reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment