Gubsu: Kepala Desa jangan Gunakan Dana Desa untuk Bimtek

Kepala Desa di Asahan jangan Gunakan Dana Desa untuk Bimtek

topmetro.news – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengingatkan seluruh kepala desa yang ada di Kabupaten Asahan agar tidak sibuk membuat kegiatan bimbingan teknis (bimtek) menggunakan dana desa.

Gubsu mengingatkan agar seluruh kepala desa (177), amanah dalam mengelola keuangan rakyat. Bukan asyik dan sibuk bimtek. “Ada desa di sini yang tak bisa saya sebut. Ia ajukan kegiatan bimtek ke Bali. Desamu bukan desa pariwisata, kenapa kau ke Bali,” kata Gubsu saat silaturrahmi dengan seluruh kepala desa, camat, dan Forkopimda se-Asahan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Jumat (6/8/2021).

“Jangan habiskan dana desa untuk kepentingan pribadi atau kelompokmu,” lanjutnya.

Gubernur mengungkapkan, selama 2 tahun 8 bulan menjabat Gubsu, ia melihat sangat sedikit desa yang bisa berinovasi, berdaya dan mandiri. Untuk itu ia berharap, kepala desa harus bergandengan tangan dengan pemerintah daerah hingga pemerintah provinsi.

“Seluruh camat, panggil itu kepala desamu. Kumpulkan mereka. Jangan duduk duduk di kantor saja. Saya jadi Gubernur bisa dihitung berapa kali sebulan duduk di kantor,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubsu memperlihatkan tampilan video beberapa desa yang mandiri, maju mengelola desanya lewat sektor pariwisata.

“Tengok ini. Ada nggak yang begini di Asahan. Ini di Jawa, di Sumut cuma ada dua desa. Kepala desa harus punya gagasan maju. Agar datang orang ke desa kalian. Tidak boleh menyerah untuk membangun Sumatera Utara,” kata Gubsu.

Posisi Kepala Desa

Gubsu sempat memindahkan tempat duduk para kepala desa, karena mereka duduk di sisi samping luar pendopo saat Gubsu baru memulai pidatonya.

“Kenapa kalian duduk di luar? Sini kalian semua duduk di depan. Saya mau ngomong sama kalian. Sini saya hitung sampai tiga,” kata Gubsu.

Mendengar perintah tersebut, para Forkopimda yang duduk di barisan depan mundur mencari tempat duduk di belakang. Kemudian para kepala desa mengisi tempat duduk yang ditinggalkan Forkopimda.

Usai acara, Gubsu dan rombongan menyempatkan melihat pembibitan kultur jaringan buah-buahan di Kelurahan Sei Renggas, Kecamatan Kota Kisaran Barat.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment