Selamat, Pengurus SMSI Siantar-Simalungun Periode 2021-2026 Resmi Dilantik

Pengurus SMSI Siantar-Simalungun Periode 2021-2026 Resmi Dilantik

topmetro.news – Ketua SMSI Sumatera Utara Ir Zulfikar Tanjung melantik kepengurusan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Siantar-Simalungun Periode 2021-2026, Jumat (6/8/2021), sekira pukul 09.30 WIB.

Pelantikan yang berlangsung di Ruang Serbaguna Bapedda Kota Siantar itu, diawali terlebih dahulu dengan diskusi menghadirkan narasumber Kominfo Sumatera Utara yang diwakili Kabid Layanan e-Government Kominfo Rismawati Simanjuntak dan Ketua SMSI Sumut Zulfikar Tanjung, Sekretaris SMSI Sumut Erris J Napitupulu dan dimoderatori Rindu Marpaung SPd.

Hadir juga dalam acaea itu, Penasehat SMSI Sumut Rony Purba, Bendahara Irwansyah, Wakil Ketua Bidang Organisasi Ariadi, serta para Ketua, Sekretaris, Bendahara SMSI Kota Medan, Binjai, dan Deliserdang.

Dalam penyampaian materi, Ketua SMS I Zulfikar Tanjung mengatakan, saat ini anggota SMSI mencapai 1.700. “Ini organisasi media terbesar di dunia saat ini. Dan sudah dapat rekor MURI,” sebutnya sembari menerangkan sejarah terbentuknya SMSI.

Sementara Kabid Layanan e-Government Kominfo Rismawati Simanjuntak mengatakan, dalam pertumbuhan Siber ada tantangan di mana masyarakat menganggap kebenaran tidak lagi hal yang penting.

Kata Rismawati Simanjuntak, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyambut baik SMSI dan menjadi mitra pemerintah. Termasuk dalam menyampaikan informasi pembangunan dan memberikan masukan saran, bagaimana seharusnya pemerintah.

Karena media, lanjut Rismawati, seyogyanya dekat dengan masyarakat. Sehingga bisa tepat sasaran dan membawa kebaikan untuk masyarakat. “Wadah ini sangat penting. Tetaplah berkarya untuk mengedukasi,” katanya mengakhiri.

Power Wartawan

Sekjen SMSI Sumut Erris Napitupulu dalam kesempatan itu menyampaikan tentang UU Pers No. 40 tahun 1999, yang terdiri dari 21 pasal 10 bab. “Jelas ada rambu-rambu yang harus dipatuhi wartawan. Wartawan yang profesional bagaimana kita berkomunikasi, menyampaikan berita sesuai amanat UU Pers,” paparnya.

“Wartawan powernya besar. Sehingga terkadang kita merasa wartawan tapi atitude tidak sebagai wartawan,” lanjutnya.

Untuk menghempang berita hoax, kata Erris Napitupulu, maka para deklarator Pengurus PWI membuat asosiasi pertama kali di Banten. Lahirnya SMSI yang menjadi konstituen Dewan Pers merupakan wadah pengusaha atau pemilik media online se-Indonesia.

Artinya, lanjut Erris, dengan lahirnya SMSI ini perlu suatu legalitas untuk sebuah perusahaan yang mengikuti aturan pemerintah. “Legalitas di mata hukum harus jelas sesuai dengan UU Pers. Maka kita harapkan keprofesionalismean sebuah perusahaan dan wartawan sangat penting di era digitalisasi ini,” tegasnya.

Sementara di tempat yang sama, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani SH selaku Pembina SMSI dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pelantikan SMSI Siantar-Simalungun.

Hadir pada pelantikan, Kadis Kominfo Siantar Pardamean Manurung, Kadis Kominfo Simalungun Wasin Sinaga, Kepala BNN Tuangkus Harianja, mewakili PN Siantar Zulfahri Siagian SH, mewakili Kejari Robby SH, PWI Siantar, AJI, dan IJTI.

Susunan Pengurus

Ada pun kepengurusan SMSI Siantar-Simalungun terdiri dari Pembina Walikota Pematangsiantar DR H Hefriansyah SE MM, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani SH MH, Ketua DPRD Pematangsiantar Timbul Lingga SH, Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar SIK, dan Dandenpom I/1 Pematangsiantar Mayor CPM Binson Simbolon SH MH.

Penasehat Elkananda Shah SE, Tumpak Panjaitan, dan Ingot Simangunsong.

Pengurus terdiri dari Ketua Oktavianus Rumahorbo (Boaboanews.id), Wakil Ketua Rivay Nicholson Bakkara (Newscorner.id) dan Hermanto Sipayung SH (Simadanews.id).

Sekretaris Dosmaria Saragih AMd, (Armadanews.id) dan Wakil Sekretaris Chandro Purba (Bentengtimes. com). Bendahara Bangun P Pasaribu SPd (Kliktodays.com).

Ketua Bid Pendidikan Rindu Marpaung Spd (Dekrit.id), Ketua Bid Organisasi Freddy Siahaan (Jurnalx.id), dan Ketua Bid Antar Lembaga Hentung Purba SPd (Alolingsimalungun.id). Anggota Tommy Simanjuntak (Hetanews.com) dan Hendra Silitonga (Bidiknews.com).

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment