Kuah Mie Instan Mengandung Lilin? Ini Pembuktiannya

kuah mie instan

topmetro.news – Saat ini ada polemik soal keamanan mengkonsumsi kuah mie instan. Pasalnya, saat ini beredar kabar bahwa kuah rebusan mie instan mengandung lilin.

Kabar tersebut pun membuat banyak orang yang ragu mengkonsumsi mie instan.

Sebenarnya tidak jelas dari mana isu itu muncul. Tetapi faktanya, banyak orang percaya dan kemudian menghindari konsumsi kuah rebusan mie instan.

Lalu bagaimana sebenarnya? Apakah memang benar kuah mie instan mengandung lilin? Dan apakah tidak aman untuk mengkonsumsinya?

Berikut ini adalah upaya pemilik channel youtube VS Experiment untuk membuktikan kebenarannya. Kali ini ia mencoba melihat kandungan lilin dalam kuah rebusan mie instan.

Mengandalkan sebuah mikroskop canggih, pemilik channel ini ingin melihat kandungan dalam kuah mie instan dengan melakukan pembesaran objek hingga 1.000 kali.

Video yang diunggah pada 17 Juli 2021 itu mencoba membandingkan dua sampel kuah rebusan mie instan dari dua merek mie berbeda. Yakni Indomie dan Mie Sedap. Keduanya merupakan varian mie instan goreng.

Dua mie ini direbus secara terpisah, kuah yang akan dijadikan sampel ini didiamkan lebih dulu selama kurang lebih 10 menit. Sehingga suhunya tidak panas lagi.

Setelah itu, barulah mulai penelitian isi kandungan kuah mie instan lewat alat pembesar objek.

Lewat mikroskop pun terlihat, bahwa kuah Mie Sedap mengandung buih yang cukup banyak. Buih ini tersebar hampir di seluruh bagian kuah. Sementara kuah Indomie memiliki buih yang jauh lebih sedikit.

Pergerakan Molekul

Tak ada pergerakan signifikan dari dua sampel kuah mie instan ini. Ketika berlangsung zoom hingga 1.000 kali, barulah tampak ada molekul kecil yang terlihat bergerak dan berpindah-pindah. Ini bukanlah zat lilin ataupun bakteri.

“Ini semua bukan lilin seperti banyak kabar hoax. Bukan juga bakteri atau kuman. Pergerakan partikel ini namanya ‘Brownian Motion’ dalam fisika. Penelitiannya dalam pembuktian keberadaan atom dan molekul,” jelas pemilik channel ini.

BACA | Tips Putihkan Gigi, Coba Pakai Bahan Alami Ini

Dalam percobaan ini juga temuan partikel lemak dari tepung terigu yang masuk dalam kategori lemak nabati. Dalam kesimpulannya, maka mengkonsumsi air rebusan mie instan aman, karena tidak mengandung lilin sama sekali.

“Tentu saja air rebusan mie instan aman kita konsumsi karena ini adalah lemak nabati yang baik bagi tubuh. Dan bukan lilin ya,” pungkas sang pemilik channel.

sumber | detikFood

Related posts

Leave a Comment