Penemu Racikan Obat Sakit Gigi, Terima Penghargaan LIPI

TOPMETRO.NEWS – Namanya Dona Fitriana Nurasizah. Di usia yang masih 17 tahun, Dona sudah melakukan hal yang luar biasa. Dia sukses meracik obat terbaru untuk peredam sakit gigi. Temuannya itu mendapat penghargaan 108 Inovasi Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, yang memberikan penghargaan dalam 108 Inovasi Indonesia itu adalah dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Business Innovation Center (BCI).

Dona Fitriana mendapat penghargaan dari LIPI atas prestasi dengan menemukan obat peredam sakit gigi. “Yang memberikan penghargaan tersebut dari BCI dan LIPI,” jelasnya sebagaimana disiarkan JawaPos hari ini.

Temuan warga Cilacap Tengah ini terinspirasi dari orang tua Dona karena sering sakit gigi. Dona seperti dilansir RadarBanyumas mengungkapkan, awalnya ayahnya sering sakit gigi.

Dona yang gemar membaca buku akhirnya terangsang untuk mengembangkan cara ayah saat menyembuhkan sakit gigi.

“Bahan yang digunakan untuk membuat obat peredam sakit gigi beragam. Ada kulit batang kelapa, garam, ekstrak pemburu meteki, dan ekstrak daun siri,” ungkap Dona.

Bahan-bahan yang telah disiapkan lalu di rebus hingga kental, dan hasil rebusan itu kemudian dikumur ke mulut.

“Rasanya agak sepet sih, biasanya sih langsung sembuh. Saat ikut pameran, sempat diuji. Dan waktu itu diujikan pada seseorang. Ada yang sekali kumur langsung sembuh, dan ada yang butuh dua sampai tiga kali baru sembuh,” kata Dona yang baru lulus dari SMA Negeri 3 Cilacap tahun 2017 ini.

Dona berharap hasil buatannya bisa dikembangkan lebih baik lagi, dan saat ini dia juga sedang menunggu dana untuk mengembangkan hasil buatannya tersebut.

“Apalagi sekarang belum di uji laboratorium, kemungkinan kalau sudah di uji laboratorium, saya berharap bisa dijadikan produk dan dipasarkan, dan dia juga berharap setelah hasil tersebut lolos, pingin mendirikan semacam UMKM, dan mengajak masyarakat, ibu rumah tangga bikin home industri,” ungkapnya. (editor3-rad-jaw)

Related posts

Leave a Comment