Progres Pelantikan Walikota Siantar Dipertanyakan

Progres Pelantikan Walikota Siantar Dipertanyakan

topmetro.news Hingga kini belum ada progres soal pelantikan Wakil Walikota Pematangsiantar, Susanti Dewayani. Menjembatani polemik ini, Pemprov Sumut kembali berupaya menggelar pertemuan antara DPRD Siantar dengan Kementerian Dalam Negeri secara virtual.

“Jadi (jembatani pertemuan dengan Kemendagri). Sedang kita persiapkan,” kata Kepala Biro Otonomi Daerah Basarin Tanjung menjawab wartawan, Rabu (18/8/2021).

Mengenai waktunya, Rasyid menyebut akan disesuaikan dengan pihak Kemendagri melalui Direktorat Jenderal Otonomi Daerah.

“Segera, menunggu jadwal dengan pihak Kemendagri,” ucapnya.

Polemik dimaksud, menurut pihaknya, masih berkutat lantaran belum digelarnya paripurna pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematang Siantar, Hefriansyah Noor-Togar Sitorus, oleh DPRD setempat. Sehingga prosesnya belum bisa pihaknya tindaklanjuti ke Dirjen Otda Kemendagri.

“Iya, masih belum paripurna DPRD Siantar. Bagaimanapun SK (surat keputusan) dari Mendagri belum juga turun,” katanya.

Rencana ini sebelumnya pernah disampaikan oleh pihaknya pada awal Juli lalu, sembari menunggu progres di DPRD Siantar untuk melaksanakan paripurna pemberhentian wali kota dan wakil wali kota Siantar. Di sisi lain, belum terselenggaranya pertemuan secara daring tersebut, karena DKI Jakarta menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat. Aktivitas perkantoran seperti di lingkungan Kemendagri, diketahui ikut terganggu karena kebijakan tersebut.

Kesempatan itu, Rasyid mengungkapkan, untuk pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu terpilih, Erik Adtrada Ritonga–Ellya Rosa Siregar (ERA), serta Wakil Wali Kota Binjai, Rizky Yunanda Sitepu, belum bisa dilakukan lantaran masih menunggu SK dari Kemendagri.

“Ya, belum,” katanya.

Penulis: Erris

Related posts

Leave a Comment