Ibu Positif Covid-19 tak Perlu Khawatir Menyusui Bayinya

ibu positif covid-19

Topmetro.News – Ibu positif Covid-19 dan memiliki bayi, bagaimana menyusuinya? Mereka merasa takut untuk menyusui bayinya karena takut bayi mereka akan tertular virus corona itu.

Padahal, memberi ASI kepada bayi memiliki banyak manfaat yang mendukung pertumbuhan bayi. Hingga saat ini, juga belum ada bukti penularan Covid-19 secara langsung dari ibu ke anak melalui ASI.

“Tidak ditemukan zat ASI yang terkonfirmasi Covid-19,” kata Mahmud Fauzi S.K.M, M.Kes, Koordinator Substansi Pengelolaan Konsumsi Gizi, Dit Gizi Masyarakat ‘Menyusui di Masa Pandemi.’

Mahmud mengatakan, sebaliknya, menyusui bayi justru dapat meningkatkan imunitas tubuh bagi dirinya dan sang ibu. Karena sang ibu akan merasa senang bisa memberikan kasih sayang seutuhnya kepada bayi melalui ASI.

Selain itu, sang bayi juga akan merasa senang karena bisa mendapatkan kasih sayang langsung dari ibunya.

Terlebih, ASI mengandung banyak protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, zat antibodi, dan enzim yang bisa mengurangi risiko bayi terkena penyakit tertentu.

“Justru dengan memberikan ASI akan meningkatkan imun dari seorang bayi karena ia mendapatkan susu dan kasih sayang,” tutur Mahmud.

Di sisi lain, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) beserta dengan organisasi lainnya sedang bekerja sama untuk memberikan edukasi kepada ibu-ibu terkait menyusui di masa pandemi Covid-19. Baik itu di rumah sakit, di kantor, maupun di tempat umum lainnya.

“Jadi baik itu di rumah, tempat kerja, atau pelayanan kesehatan, kita harus selalu memberikan edukasi supaya si ibu bisa menyusui dengan nyaman,” kata Mahmud.

“Diharapkan makin banyak RS yang menerapkan ini. Mudah-mudahan praktik ini bisa membuat para ibu memberikan ASI eksklusif dan bisa berlanjut sampai ia pulang ke rumahnya,” tukasnya.

BACA PULA | Anak Gigit Puting saat Menyusui, Nih Cara Mengatasinya

Seperti diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, mungkin sering, anak gigit puting saat menyusui. Harus diakui, proses menyusui sangat penting bagi perkembangan bayi.

Nah, masalah bagi ibu yang masih menyusui anaknya yang sudah tumbuh gigi, seringkali anak gigit puting susu ibunya. Kebiasaan ini bakal jadi masalah dan bisa melukai puting si ibu. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

sumber\foto | okezone
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment