Pangdam I/BB Ajak Insan Pers Bersinergi Dalam Perlindungan Kemerdekaan Pers

perlindungan kemerdekaan pers

topmetro.news – Pangdam I/BB ajak wartawan Sumut bersinergi untuk meneggakkan perlindungan kemerdekaan pers.

Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin SIP MM menyampaikan hal itu melalui Kapendam I/BB Letkol Inf Donald Erickson Silitonga pada acara silaturahmi dengan Pengurus PWI Sumut, Rabu (18/8/2021), di Restoran Golden Yen Jalan S Parman Medan.

Pada silaturahmi itu Ketua PWI Sumut Hermansjah SE yang didampingi Sekretaris Edward Thahir, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Rizal Rudi Surya SH dan Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan Wilfrid B Sinaga SH menyambut baik karena itu merupakan konsekwensi Nota Kesepahaman antara Tentara Nasional Indonesia dengan Dewan Pers No. 01/DP/MoU/11/2017 tentang Dewan Pers Kerja Sama Perlindungan Kemerdekaan Pers.

Dalam MoU itu kedua belah pihak telah bersepakat untuk memberi perlindungan kemerdekaan pers. Juga pencegahan kekerasan terhadap wartawan, pengakuan hukum. Serta diseminasi penyebarluasan informasi tentang TNI dan peraturan Dewan Pers.

Pada silaturahmi yang berlangsung akrab itu Kapendam yang didampingi Kasi Media Pendam I/BB Mayor Inf Masniar merespon sejumlah rencana kegiatan yang menyangkut turunan MoU itu. Terutama menyangkut pelatihan jurnalistik, teknik pembuatan hak jawab, sosialisasi UU Pers No. 40 Tahun 1999 dan pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan terhadap wartawan yang bertugas di Pendam I/BB.

Kapendam mengapresiasi rencana itu dan akan membuat program itu dalam rencana kerja.

Hermansjah juga menyampaikan apresiasi pada pertemuan itu sebagai sarana komunikasi dua arah untuk membangun tradisi kemitraan dan sinergitas antara Kodam I/BB dengan wartawan yang lebih baik dan solid ke depannya.

Selain itu juga memberi apresiasi pada Pangdam I/BB yang telah berkonstribusi besar sehingga kasus kekerasan terhadap wartawan di Pematangsiantar terungkap dan pelaku sedang menjalani proses hukum.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment