Desa Silo Baru Asahan Dijadikan Stasiun Peringatan Dini Bakamla RI

Bakamlai RI

topmetro.news – Bupati/Waki Bupati Asahan H Surya BSc/Taufik Zainal Abidin MSi, Sekda John Hardi Nasution MSi dan OPD terkait terima kunjungan kerja Bakamlai RI. Di antaranya Kasubdit Jaringan Bakamla RI Kolonel Suhardi, Kasubdit Kerjasama Dalam Negeri Letkol Suhardi Sitepu, dan rombongan.

Kunjungan ini dalam rangka Kerjasama dan Survei Lahan Pembangunan Sistem Komunikasi Maritim Stasiun Peringatan Dini Bakamla. Berlangsung di Aula Mawar Kantor Bupati Asahan, Rabu (18/8/2021).

Kolonel Suhardi menjelaskan bahwa untuk melaksanakan tugas dan fungsi Bakamla sebagai institusi penyelenggara patroli keamanan dan keselamatan laut, sesuai UU No. 32 tahun 2014 tentang kelautan. Bakamla memerlukan tempat berlabuh alat utama sistem keamanan laut (alutsiskamla). Yaitu kapal patroli dengan prioritas di wilayah yang membutuhkan perhatian khusus, yaitu wilayah perbatasan langsung dengan negara tetangga.

Dukungan Pemkab Asahan

Bupati menyampaikan untuk mewujudkan harapan tersebut Pemkab Asahan telah menyiapkan lahan di Desa Silo Baru Kecamatan Silo Laut seluas 6.000 m2 untuk jadi gedung sistem komunikasi maritim stasiun peringatan dini Bakamla Kabupaten Asahan.

Bupati berharap kerjasama ini dapat segera terwujud. Sehingga dengan adanya kantor/dermaga Bakamla di Desa Silo Baru dapat memberikan dampak kepada masyarakat berupa eksternalitas ekonomi dan hasil laut berupa ikan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada Bakamla yang telah mempercayakan Asahan menjadi lokasi stasiun Bakamla. Dan Pemkab Asahan menyambut baik rencana ini.

Usai pertemuan, Bupati dan rombongan meninjau lokasi.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment