Atasi Banjir, Pemkab Asahan Normalisasi Saluran Air Binjai Serbangan/Siumbut Umbut

rencana normalisasi saluran pembuangan air

topmetro.news – Bupati/Wakil Bupati Asahan H Surya BSc/Taufik Zainal Abidin MSi dan Kadis PUPR meninjau rencana normalisasi saluran pembuangan air di Lk IX Kelurahan Binjai Serbangan dan Desa Subur Kecamatan Air Joman, Jumat (20/8/2021).

Bupati Asahan mengatakan apa yang mereka lakukan hari itu merupakan tindak lanjut dari langkah yang telah berlangsung beberapa waktu yang lalu, dalam mengatasi permasalahan banjir di Kota Kisaran.

“Kita sengaja turun ke lapangan, untuk melihat langsung titik titik yang menjadi penyebab terjadinya banjir apabila curah hujan tinggi. Agar rencana normalisasi ini tepat sasaran,” kata Bupati.

Sementara Wakil Bupati Asahan menyampaikan peninjauan itu merupakan respon atas terjadinya banjir di beberapa tempat dalam minggu ini. Mudah-mudahan dalam waktu dekat normalisasi di Kelurahan Binjai Serbangan dan Siumbut Umbut terealisasi.

Wabup berharap dukungan seluruh masyarakat untuk menggalakkan gotong-royong. Utamanya dalam membersihkan saluran air/dranase. Persoalan banjir tidak lepas dari peran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Kapasitas Saluran Air

Plt Camat Kota Kisaran Timur menjelaskan, saluran buangan air di Kelurahan Binjai Serbangan dan Kelurahan Siumbut Umbut menampung air yang berasal dari Kisaran Timur, Selawan, Mutiara, Siumbut Umbut, Siumbut Baru, Karang Anyar, Gambir Baru dan Perk PT BSP. Apabila curah hujan cukup tinggi akan mengakibatkan banjir karena saluran pembuangan air tidak mampu menampung.

“Beberapa waktu lalu sudah dilakukan pengerukan aliran buangan air menggunakan beko atas swadaya masyarakat dan pihak Kecamatan Kota Kisaran Timur. Kita bersyukur hari ini Bupati/Wakil Bupati meninjau lokasi buangan air. Insya Allah tahun ini akan terlaksana normalisasi. Semoga persoalan banjir di Kota Kisaran dan sekitarnya dapat teratasi,” kata Hidayat.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment