Tertinggi, Kesembuhan Kasus Covid-19 di Sumut Peringkat 2 Nasional

Tertinggi, Kesembuhan Kasus Covid 19 di Sumut Peringkat 2 Nasional

topmetro.news Luar biasa, upaya Pemerintah Sumatera Utara (Pemprov Sumut) untuk menekan angka Covid-19 patut dianjungi jempol. Bersama Bupati, Walikota, Gubernur Sumatera Utara bahu-membahu menekan angka kematian Covid 19.

Tercatat sebagai provinsi mampu menekan dengan angka kesembuhan Covid-19 ranking kedua nasional pada 23 Agustus 2021. Dengan jumlah 2.211 kasus sembuh, Sumut berada di peringkat kedua setelah Provinsi Jawa Timur yang mencatat 3.282 kasus sembuh.

Catatan ini berdampak signifikan terhadap catatan jumlah kasus aktif yang berkurang 1.719 kasus atau 6,4% dibanding hari sebelumnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Irman Oemar menyatakan bahwa catatan surveilans Covid-19 tanggal 23 Agustus 2021 merupakan hasil yang sangat baik bagi upaya penanganan Covid-19 akhir-akhir ini di Sumut.

“Alhamdulillah, catatan ini patut kita syukuri. Artinya kerja sama seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam penanganan Covid-19 di Sumut, telah membuahkan hasil yang berdampak sangat positif bagi kita semua,” ujar Irman Oemar dalam penuturannya kepada topmetro.news, Senin (23/8/2021).

Irman juga menyatakan bahwa upaya untuk menekan mobilitas masyarakat, meningkatkan 3T, memaksimalkan isolasi terpusat di daerah dan mengoptimalkan vaksinasi, yang menjadi fokus penanganan Covid-19 di Sumut ternyata berhasil menekan kasus positif harian.

Isolasi Terpusat

Terkait isolasi terpusat, menurut Irman, saat ini Sumut memiliki 7 tempat isolasi terpusat dengan kapasitas 1.345 tempat tidur. Dengan rincian Gedung P4TK Medan 240 tempat tidur, Hotel Soechi Medan 124 tempat tidur, Asrama Haji Medan 324 tempat tidur.

Selanjutnya, dalam catatan di Kodam I/Bukit Barisan menyatakan (khusus personel TNI) 40 tempat tidur, di Polda Sumut (khusus personel Polri) 84 tempat tidur, Pematangeiantar 48 tempat tidur, dan Kapal PELNI di Belawan 485 tempat tidur. Selain itu terdapat 199 rumah sakit di Sumut yang memiliki total 24.614 tempat tidur.

“Ini semua merupakan hasil kerja sama dan kolaborasi Pemprov Sumut, Forkopimda Sumut, serta Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sumut,” terangnya.

Ke depan, kata Irman, capaian ini perlu terus dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi. Untuk itu, pihaknya juga akan terus menyosialisasikan mengenai wajibnya protokol kesehatan. Karena menurutnya, selain vaksinasi, protokol kesehatan adalah upaya yang sebenarnya yang langsung bisa ditetapkan oleh setiap orang. Semoga Covid 19 berlalu.

Penulis: Erris

Related posts

Leave a Comment