Bahas Kerjasama Pemanfaatan Aset, Pemkab Sergai – PTPN III dan IV Gelar Rapat Virtual

Bupati Sergai H Darma Wijaya menggelar rapat secara virtual dengan pihak PTPN III dan IV

topmetro.news – Bupati Sergai H Darma Wijaya menggelar rapat secara virtual dengan pihak PTPN III dan IV yang berlangsung di Ruang Rapat Wabup Sergai, Kamis (26/8/2021).

Dalam rapat virtual itu, H Darma Wijaya mengatakan akan mewujudkan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang maju terus, mandiri, sejahtera, dan religius.

Artinya, Pemkab Sergai terus melakukan berbagai upaya di berbagai bidang. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menjalin kerjasama dengan stakeholder dalam pemanfaatan lahan. Dalam hal ini memanfaatkan aset milik PTPN III dan PTPN IV.

Lanjutnya, ada kandang yang tidak befungsi lagi di sekitar area PTPN III dan PTPN IV. Oleh karenanya, pihaknya berinisiatif, jika dapat ijin ataupun dengan cara menyewa kepada pihak terkait, untuk dapat memanfaatkan lahan itu.

Sehingga seluruh peternak sapi yang menggembalakan di area perkebunan, akan diarahkan untuk menempatkan ternaknya di tempat yang sudah disediakan sehingga tidak dilepas secara liar.

Harapan Bupati Sergai

Dharma Wijaya berharap jajaran PTPN III dan PTPN IV berkenan memberikan fasilitas itu. Bupati juga berkeyakinan, jika peternakan dirawat dan ditempatkan dengan baik maka hasilnya juga akan baik.

Hal ini karena sudah ada prakteknya di peternakan milik Bupati dan hasilnya sangat memuaskan. Dan tentunya akan beda dengan yang digembala. “Ini juga salah satu cara kami untuk mensosialisasikan kepada masyarakat. Yang intinya kami menginginkan agar masyarakat maupun perusahaan sama-sama untung,” katanya.

“Mudah -mudahan dengan pertemuan secara virtual ini, bisa menjadi masukan kepada Pemkab Sergai. Yang selama ini masyarakat banyak yang memberikan masukan kepada kami terkait penggembalaan sapi di lahan perkebunan milik PTPN,” ujar Dharma Wijaya.

Sementara Wabup Sergai H Adlin Tambunan berharap rencana pemanfaatan aset milik PTPN III dan PTPN IV bisa berjalan sebagaimana harapan. Semuanya bertujuan untuk mewujudkan Visi Sergai yang mandiri, sejahtra, dan religius.

“Kami akan berupaya semaksimal mungkin guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Dalam hal ini berupaya melakukan kegiatan penggemukan sapi secara optimal dan maksimal. Semoga kerjasama dan sinergitas yang kita bangun di Sergai ini bisa sama-sama berjalan sebagaimana yang kita harapkan bersama,” tukasnya.

Sistem Sewa Guna

Menanggapi pernyataan pejabat daerah ini, Doni P Gandamihardja (Bagian Umum PTPN III dan PTPN IV) mengatakan, penggunaan lahan kandang milik PTPN III dan PTPN IV adalah dengan sistem sewa guna.

Kata Doni, mungkin nanti secara detailnya pihak Pemkab Sergai bisa membuat skema. Tentunya telah dapat persetujuan kedua belah pihak untuk dapat terlaksana.

Hal ini karena untuk penggunaan lahan tersebut pihak lain, tentu memiliki peraturan sesuai ketetapan pemerintah. “Oleh karenanya, ke depan kita akan berkoordinasi dengan instansi yang membidangi pertanahan. Semoga dengan kerjasama ini dapat meningkatkan kesejahteraan, khususnya peternak sapi di Kabupaten Sergai,” katanya.

Hadir juga dalam kegiatan itu Asisten Pemum dan Kesra Hj Nina Deliana Hutabarat, Kadis Perkim Sofyan Suri, Kadis Pertanian Dedi Iskandar, Plt Kadis Ketahanan Pangan Andreas Ginting, Kabag Pemerintahan Mhd Wahyudhi, dan Kabag Kerjasama Romian Parulian Siagian.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment