Miris, Hasil Survei LSN Hanya 6 Anggota DPRD Humbahas Berkinerja Baik

Hasil Survei LSN Hanya 6 Anggota DPRD Humbahas Berkinerja Baik

topmetro.news – Miris, hasil survei Lembaga Survey Nusantara (LSN) yang dilakukan dari tanggal 24-26 Agustus 2021 di 10 Kecamatan Kabupaten Humbang Hasundutan terhadap penilaian kinerja anggota DPRD Humbang Hasundutan, hanya 6 orang dinilai berkinerja baik dari total 25 orang anggota DPRD.

Direktur Eksekutif LSN Humuntal Rajagukguk mengatakan, penilaian survei itu berdasarkan yang dilakukan relawan, dan volunteer LSN terhadap 100 responden tersebar di 10 Kecamatan se Kabupaten Humbang Hasundutan.

Dengan metode yang digunakan wawancara dari beberapa tokoh, seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, budaya, pemuda, dan pendidikan.

Dengan hasil survei, ada 6 anggota DPRD Humbahas yang dinilai masyarakat berkinerja baik. Yakni, kinerja sebagai fungsi DPRD di lembaga DPRD dan kinerja sosial di tengah-tengah masyarakat.

Hasil survei itu, di antaranya Dapil I meliputi Kecamatan Pollung, Kecamatan Baktiraja, Kecamatan Dolok Sanggul, Kecamatan Sijamapolang, dan Kecamatan Onanganjang dengan jumlah 12 kursi DPRD.

Yakni, Daniel Banjarnahor dari PDIP dan Jimmy Togu Hamonangan Purba dari Partai Gerindra.

Kemudian, Dapil II meliputi Kecamatan Lintong Nihuta dan Kecamatan Paranginan dengan enam kursi hanya dua orang yang berkinerja baik. Yakni, Labuan Sihombing dari Partai Hanura, dan Normauli Simarmata Partai Nasdem.

Selanjutnya, untuk dapil III meliputi Kecamatan Parlilitan, Kecamatan Pakkat dan Kecamatan Tarabintang dengan jumlah 7 kursi, yakni Laston Sinaga dari Partai Golkar dan Minter Hulman Tumamggor dari PDIP.

Humuntal mengatakan, LSN dalam melakukan survei itu selalu mengedepankan independensi dan profesionalitas sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan politik rakyat. Agar, mereka cerdas dan bijak dalam memilih wakilnya di kemudian hari.

“Apa pun hasil survei ini merupakan wujud partisipasi LSN untuk mencerdaskan masyarakat dan mendorong masyarakat aktif dalam menilai kinerja para wakil rakyat yang duduk di DPRD,” tukasnya.

Perlu diketahui, LSN sudah melakukan survei di 11 Kabupaten/ Kota. Dan, Kabupaten Humbang Hasundutan adalah daerah yang ke 12, dan LSN selanjutnya akan melaksanakan survei kinerja DPRD di Kabupaten Tapanuli Utara.

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment