Rutin Kumur Air Garam, Ini 5 Manfaat untuk Mulut dan Gigi Sehat

kumur air garam

Topmetro.News – Kumur air garam, kenapa tidak?  Ternyata di balik kunci kenikmatan setiap masakan, garam juga menyimpan manfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh. Jadi garam tak cuma jadi salah satu bumbu penyedap masakan ya sahabat.

Bahkan, sejak zaman peradaban dulu, di mana orang-orang belum mengenal sikat dan pasta gigi, kumur air garam merupakan ritual wajib untuk mencegah sekaligus meredakan berbagai masalah gigi dan mulut.

Tak main-main, manfaat berkumur dengan air garam ini pun sudah dibuktikan melalui banyak penelitian ilmiah.

Manfaat Penting Kumur Air Garam

Sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berkumur air garam:

1. Meredakan Sakit Gigi

Sakit gigi memang jadi hal paling menjengkelkan. Sensasi nyut-nyutan yang muncul di area gigi yang bermasalah sering kali dapat menghambat penderitanya untuk beraktivitas.

Kabar baiknya, melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat kemudian dipakai untuk kumur dapat membantu meredakan sakit gigi.

Penelitian menemukan, garam memiliki kandungan antibakteri dan antiradang yang efektif melawan bakteri dan mengurangi peradangan akibat infeksi.

2. Menyingkirkan Bau Mulut

Bau tak sedap yang keluar dari mulut dapat menurunkan rasa percaya diri dan menyebabkan kecemasan berlebihan pada seseorang.

Kondisi ini sendiri dapat disebabkan oleh banyak faktor, tapi umumnya disebabkan oleh bakteri di dalam mulut yang berkembang biak secara tidak terkendali akibat kebersihan mulut yang buruk. Bakteri yang mengendap di gigi dan mulut ini kemudian menghasilkan gas yang membuat napas jadi berbau tidak sedap.

Berkumur dengan air garam dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut itu.

3. Atasi Sakit Gusi

Hasil dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PloS ONE pada tahun 2016 mengungkapkan bahwa kumur air garam sangat bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan gusi yang meradang akibat sisa makanan, plak, dan bakteri yang menumpuk.

Peradangan pada gusi ini disebut gingivitis.

Sekadar diketahui, Gingivitis merupakan infeksi gusi akibat bakteri yang ditandai dengan gusi bengkak, berwarna kemerahan, gampang berdarah, dan terasa nyeri saat mengunyah, menggigit atau bahkan bicara.

4. Hilangkan Partikel Makanan yang Tersangkut di Gigi

Partikel sisa makanan yang sembunyi di gigi tentunya menjadi sangat mengganggu.

Kondisi ini pun harus segera ditangani sebelum sisa makanan yang terselip tersebut menumpuk dan pada akhirnya berubah menjadi plak gigi. Namun, ketimbang mengorek area sela-sela gigi menggunakan tusuk gigi,

Anda bisa mengatasinya dengan cara yang lebih aman yakni berkumur dengan air garam setidaknya selama 30 detik.

Jika makanan yang tersangkut menyelip di sela gigi, maka kamu dapat melanjutkan dengan menyikat gigi ataupun flossing dengan teknik yang benar.

5. Meringankan Gejala Sariawan

Berkumur dengan air garam juga dipercaya dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman akibat sariawan sekaligus membantu proses pemulihan. Garam mempercepat penyembuhan luka dengan mengurangi peradangan dan pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

Bahkan hasil sebuah penelitian menyebutkan bahwa berkumur dengan air garam direkomendasikan sebagai obat alami untuk membantu mengatasi sariawan pada anak-anak.

Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kumur dengan air garam. Anda juga bisa menjaga kesehatan gigi dan mulutmu dengan rutin berkumur menggunakan Pepsodent Mouthwash Active Defense.  Semoga info ini bermanfaat.

BACA PULA | Gini Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Seperti diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, sakit tenggorokan dapat menjadi pertanda awal dari pilek dan flu, efek samping dari pita suara yang menegang, atau sebuah indikasi dari sesuatu yang lebih serius, seperti radang tenggorokan.

Terlepas dari apapun penyebabnya, sakit tenggorokan dapat benar-benar menyulitkan. Kini, segala perhatian Anda mendadak tertumpah pada bagaimana bisa meredakan rasa sakit di tenggorokan dengan cepat.

Anda mungkin tergoda untuk segera mengunjungi dokter, tetapi beberapa perawatan terbaik ternyata dapat Anda temukan di rumah dan obat-obatan lepas yang bisa dengan dengan mudah Anda dapatkan di apotek terdekat.

sumber\foto | tanyapepsodent\idntimes
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment