Tingkatkan Kualitas Pendidikan Usia Dini, GOPTKI Sergai Gelar Monitoring

Kualitas Pendidikan Usia Dini
Advertisement

topmetro.news – Meski di tengah pandemi yang belum usai, Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tetap berusaha menunjukkan kontribusinya terhadap peningkatan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini.

Buktinya terlihat saat GOPTKI Kabupaten Sergai melaksanakan monitoring Pembinaan PAUD. Serta pemberian makanan tambahan anak sehat tahun 2021, di tiga Kecamatan, Senin (13/9/2021).

Monitoring di tiga kecamatan ini terlaksana oleh tim yang terbagi ke dalam tiga bagian. Tim pertama dengan pimpinan Bunda PAUD Sergai, yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Sergai Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya. Mereka memberikan pembinaan di TK Ade Hawari, Dusun VI, Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah.

Selanjutnya tim kedua dengan pimpinan Ketua GOPTKI Sergai Aini Zetara Adlin Tambunan. Mereka memonitoring di TK Hasanah, Desa Kotagaluh, Kecamatan Perbaungan. Terakhir tim ketiga di bawah pimpinan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sergai Uke Retno Faisal Hasrimy. Mereka melaksanakan monitoring di TK Umum Bina Bangsa Dusun I Desa Penggalangan, Kecamatan Tebing Syahbandar.

Dampak Prokes di Sergai

Di sela-sela kegiatannya, Rosmaida Saragih menyampaikan, bahwa sektor pendidikan di Sergai terkena dampak yang besar akibat Pandemi Covid-19. Pembatasan kegiatan belajar-mengajar adalah hal yang tidak terhindarkan demi memastikan keselamatan dan kesehatan para pelajar.

“Kegiatan monitoring dan pemberian makanan tambahan anak sehat ini adalah salah satu yang mendapat persetujuan untuk dilaksanakan tahun ini. Banyak sebenarnya kegiatan yang diajukan oleh GOPTKI. Namun demi berjalannya prokes, untuk sementara kegiatan-kegiatan itu kita tunda sampai kondisi yang lebih baik di depan,” katanya.

Terkait pelaksanaan program ini, Ketua TP PKK menyampaikan, bahwa penting bagi seluruh TK di Sergai mendapat pembinaan yang mumpuni dari pemerintah. Ini, sebutnya, demi mewujudkan TK yang ‘Maju Terus’, mandiri, sejahtera, dan religius. Selain itu, Rosmaida Saragih mengatakan, lewat kegiatan ini para anak-anak usia dini juga bisa mendapat stimulan berupa makanan yang sehat untuk memenuhi kecukupan gizi.

“Pesan saya kepada para guru. Agar tetap semangat dalam menjalankan tugas dan amanah sebagai pendidik generasi usia dini. Beri perhatian yang merata kepada seluruh anak didik. Semua anak punya potensi yang sama meski dengan keunikannya masing-masing. Sehingga ini mesti diperhatikan sejak usia dini,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Ketua GOPTKI Sergai menuturkan kegiatan ini merupakan bukti hadirnya pemerintah di tengah masyarakat. Terkhusus pada peningkatan kualitas pendidikan Kabupaten Sergai.

“Saya berharap kegiatan ini bisa jadi momentum untuk meningkatkan kualitas TK sebagai sebuah lembaga. TK bisa lebih profesional, lebih mandiri, maju dan berkembang. Saya juga optimis TK di Kabupaten Sergai bisa bersaing dengan kota-kota besar,” ucapnya.

Syahriyati Lubis, perwakilan penerima bantuan dari Kecamatan Perbaungan, menyampaikan terima kasih atas kepedulian Pemkab Sergai terhadap pendidikan anak usia dini.

“Tentunya kami berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin,” harapnya.

penulis | Erris JN

Advertisement
Advertisement

Related posts

Leave a Comment