Lapas Panyabungan Rolling Kunci dan Gembok Kamar

Lapas Panyabungan Rolling Kunci dan Gembok Kamar

topmetro.news – Lembaga Pemasyatakatan (Lapas) Klas II B Panyabungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara (Kanwil Kemenhumham Sumut), melaksanakan rolling kunci dan gembok kamar, Jumat (17/9/2021).

Pelaksanaan rolling kunci dan gembok kamar hunian di Lapas Klas II B Panyabungan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Terlaksana oleh jajaran kamtib dan regu jaga siang.

Kalapas Klas II B Panyabungan, Hamdi Hasibuan kepada topmetro.news menjelaskan, tujuan pemberlakuan rolling kunci dan gembok kamar, untuk melakukan pemeriksaan kunci dan gembok yang ada di seluruh kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Mana tahu ada yang rusak.

“Untuk memastikan apakah kunci dan gembok kamar hunian masih bagus atau rusak. Tim jajaran Keamanan dan Ketertiban Lapas Klas II B Panyabungan melepas terlebih dahulu dan melakukan pemeriksaan. Untuk memastikan tidak ada gembok yang rusak atau tidak layak pakai,” terangnya.

Perbaikan Gembok

Kemudian imbuhnya, apabila ada kunci dan gembok yang rusak ringan, maka akan ada upaya untuk perbaikan. Sementara untuk yang rusak berat, akan ada penggantian dengan gembok yang baru.

Ia mengatakan, setiap kunci dan gembok menjalani pengecekan oleh Petugas Keamanan dan Ketertiban Lapas Klas II B Panyabungan. Pengecekan berjalan dengan sangat teliti dan apik.

“Hal itu sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban Lapas Klas II B Panyabungan,” ungkapnya.

Dan tambahnya, salah satu gangguan keamanan dan ketertiban yang dapat dicegah jika kunci dan gembok dalam kondisi yang baik yakni meminimalisir pelarian Warga Binaan Pemasyarakatan.

“Kunci dan gembok akan senantiasa dicek dan dikontrol serta dilakukan pergantian secara berkala. Supaya dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban Lapas Klas II B Panyabungan,” tegasnya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment