Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi Sambut Kunker Gubsu Edy Rahmayadi

Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi Sambut Kunker Gubsu Edy Rahmayadi

topmetro.news – Bupati Taput Nikson Nababan MSi bersama Satika Simamora MM dan Forkopimda Tapanuli Utara sambut langsung kunjungan kerja Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersama Nawal Lubis dan rombongan bertempat di Sopo Partungkoan, Rabu (22/9/2021).

Mengawali kunjungan kerja Gubsu Edy Rahmayadi dan Nawal Lubis beserta rombongan meninjau pelaksanaan vaksinasi di Gedung Nasional Tarutung. Usai melakukan peninjauan vaksinasi selanjutnya Gubsu Edy Rahmayadi bersama Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi menuju Gedung Sopo Partungkoan.

Dalam sambutannya, Bupati Taput merasa senang dan bangga atas kehadiran Gubsu di Tapanuli Utara. “Semoga kedatangan Bapak membawa dampak positif bagi Tapanuli Utara,” katanya.

Selanjutnya Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi menjelaskan secara singkat kondisi Covid 19 di Tapanuli Utara yang berada di level 2. Di mana RSUD Tarutung sebagai rumah sakit rujukan Covid 19 dengan menggunakan standar WHO.

Bupati juga berharap agar vaksinasi di Tapanuli Utara melalui pemerintah provinsi sebagai skala prioritas dan menambah kouta vaksin.

Jalan dan Irigasi

Selanjutnya dalam kesempatan itu, Bupati meminta jalan yang menghubungkan Sei Mangke sebagai jalan strategis melalui Kecamatan Garoga dapat terlaksana.

“Ini sebuah terobosan yang saya fikirkan dan rencanakan sejak dulu. Apabila jalan dari Garoga tembus Sei Mangkei dapat terlaksana, hanya memakan waktu sekitar 4 jam menuju Belawan – Medan. Sehingga nantinya hasil Bumi yang ada di Garoga atau daerah tersebut dapat cepat terkirim tanpa memakan waktu yang lebih lama. Tentunya ini juga mendorong pertumbuhan ekonomi di Tapanuli Utara ataupun kabupaten lain,” katanya.

Bupati Taput juga menyinggung masalah status jalan provinsi yang berada di Tapanuli Utara untuk segera mendapat perbaikan dan pelebaran. Demikian juga dengan masalah irigasi pekerjaan pemerintah provinsi.

Kondisi Umum Taput

Selanjutnya Bupati Taput melakukan pemaparan secara singkat mengenai gambaran umum kondisi Kabupaten Tapanuli Utara. Khususnya sektor pendidikan, pertanian, pariwisata dan infrastruktur.

“Terimakasih kepada Bapak Gubsu Edy Rahmayadi telah datang ke Tapanuli Utara. Serta memberikan bantuan UMKM, pertanian, olahraga, dan bantuan lainnya. Semoga kedatangan Bapak Gubsu membawa dampak yang baik bagi Tapanuli Utara,” kata Bupati.

Mengawali sambutannya, Gubsu Edy Rahmayadi mengajak semua bersyukur pada situasi seperti saat ini, masih memperoleh kesehatan. “Tetap berdisiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes),” katanya.

Provinsi Tapanuli Raya

Edy mengingat, bahwa Tapanuli Utara dulunya adalah induk kabupaten. “Saya yakin suatu saat nanti Kabupaten Tapanuli Utara dapat menjadi sebuah Ibukota Propinsi Tapanuli Raya,” katanya.

Kemudian, Edy menghimbau agar perbedaan yang ada di masyarakat jangan menjadi penghambat dalam pembangunan. “Selama kita masih berpikir seperti ini, kita akan terbebani oleh suatu keterbelakangan,” jelasnya.

Selanjutnya Gubsu melakukan pemaparan tentang perbandingan produksi dan kebutuhan pangan strategis di kabupaten/kota Provinsi Sumatera Utara Tahun 2020.

Gubsu juga coba mempertontonkan video singkat kepada para peserta yang hadir di Sopo Partungkoan. Isinya berupa pesan singkat tentang arti sebuah kejujuran, kepedulian, dan kasih sayang.

“Kejujuran perlu dalam mengelola birokrasi. Kepedulian harus ada di antara sesama kita. Kasih sayang harus ditanamkan pada pribadi masing-masing. Keberhasilan daerah bukan terletak pada SDM dan SDA. Tetapi kejujuran personality seseorang,” pesan Gubsu.

“Selanjutnya saya akan segera merealisasikan harapan-harapan ide Bupati Nikson Nababan MSi. Terutama masalah jalan strategis Garoga – Sei Mangke. Ide-ide seperti ini yang harus kita dukung. Ini sebuah ide yang sangat baik dan kreatif,” lanjutnya.

Gubsu kemudian meminta melalui dinas terkait untuk segera membentuk Tim Jalan starategis Garoga – Sei Mangke. Untuk kemudian melakukan kajian-kajian dan penelitian. “Nantinya mudah-mudahan segera dapat terrealisasikan,” ujar Gubsu.

“Untuk jalan provinsi kami juga akan segera tindak lanjuti. Untuk dilakukan perbaikan dan pelebaran jalan pada tahun 2022. Tentunya untuk pelebaran jalan tidak ada ganti ruginya,” jelas Gubsu.

Bantuan Gubsu

Di sela-sela kunjungan kerja, Gubsu Edy Rahmayadi bersama Nawal Lubis memberikan bantuan tambahan gizi secara simbolis kepada anak-anak sekolah. Berupa susu, gula, dan biskuit. Juga memberikan bantuan alat kesehatan dan bantuan alat-alat pertanian.

Selanjutnya usai acara Bupati Taput bersama Satika Simamora MM memberikan cenderamata kepada Gubsu beserta Nawal Lubis. Yakni berupa hasil karya UMKM Tapanuli Utara. Kemudian berlanjut mengunjungi Galeri UMKM Tapanuli Utara yang berada di lantai 1 Sopo Partungkoan.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, para Asisten Setdakab Tapanuli Utara, para Pimpinan Perangkat Daerah terkait, para camat se-Kabupaten Tapanuli Utara, para kepala desa/lurah se-Kabupaten Tapanuli Utara.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment