Bupati Taput Serahkan Bantuan Benih Jagung dan Alat Mesin Pertanian kepada Kelompok Tani

Bupati Taput Serahkan Bantuan Benih Jagung dan Alat Mesin Pertanian kepada Kelompok Tani

topmetro.news – Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi serahkan bantuan benih jagung dan alat mesin pertanian. Kegiatan berlangsung di Gedung Sopo Partungkoan Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu (25/9/2021).

Turut mendampingi Bupati antara lain, Kadis Pertanian Ir SEY Pasaribu, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan Ir Marco Panggabean, anggota DPRD Taput Ombun Simanjuntak, dan beberapa Pimpinan Perangkat Daerah terkait.

Penyerahan bantuan benih jagung dan alat mesin pertanian oleh Bupati Taput bersumber dari APBN dan APBD Taput TA 2021. Di mana maksud dan tujuan penyerahannya untuk membantu para petani dan kelompok tani di Taput, dalam rangka meningkatkan kualitas dan kwantitas produk petani. Sehingga pertanian lebih meningkat dengan jasil yang memuaskan. Bantuan juga untuk petani dan kelompok tani yang belum mendapatkan bantuan benih dan alsintan.

Arahan Bupati Taput

Dalam kesempatan itu Bupati Taput memberikan paparan kepada para kelompok tani penerima bantuan. “Sebagaimana kita ketahui bahwa sebagian besar masyarakat kita adalah petani. Petani dalam usaha taninya tidak terlepas dari kebutuhan akan sarana produksi pertanian. Berupa benih unggul maupun alat mesin pertanian,” katanya.

“Dalam rangka mendukung visi pembangunan Pemkab Taput, yaitu ‘Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Sumberdaya Manusia yang Berkualitas Serta Daerah Tujuan Wisata’, terlebih pada masa Pandemi Covid-19 saat ini, di mana sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar. Sehingga sangat perlu ketersediaan benih unggul dan alat mesin pertanian. Di mana ketersediaan benih unggul khususnya benih jagung dan alat mesin pertanian merupakan program pemerintah untuk meningkatkan swasembada pangan,” sambung Bupati.

Menurutnya, penggunaan benih unggul bersertifikat dan bermutu menjamin keberhasilan usaha tani. Komoditas jagung terus mengalami perluasan pasar dan menjadi komoditas unggulan bagi petani, Sehingga perlu penggunaan benih jagung hibrida berkualitas.

“Alat dan mesin pertanian memiliki berbagai peranan dalam usaha pertanian. Antara lain meningkatkan kapasitas kerja. Sehingga luas tanam dan intensitas tanam, eksistensifikasi tanam dapat meningkat dan meningkatkan kualitas. Sehingga ketepatan dan keseragaman proses dan hasil dapat kita andalkan serta mutu terjamin,” masih kata Bupati.

Laporan Kadis Pertanian

Sebelumnya, Kadis Pertanian Ir SEY Pasaribu MSi dalam laporannya mengatakan bahwa meningkatnya kebutuhan sarana pertanian di masa pandemi adalah tantangan yang besar. Namun Bupati telah melakukan berbagai upaya salah satunya memberikan usulan kepada Menteri Pertanian.

“Kesempatan hari inilah realisasinya. Kelompok tani akan mendapat benih jagung Nk 212 sebanyak 30 ton dan P32 sebanyak 1,4 ton. Dengan 198 poktan yang berasal dari Kecamatan Sipahutar, Pangaribuan, Siborongborong Siatas Barita, Pagaran, Sipoholon, Parmonangan, Tarutung, dan Muara. Dan jenis Alsintan yang diserahkan yaitu satu unit traktor roda 4, tiga unit pemipil jagung berjalan, 21 unit ‘hand tracktor’ roda 2, dan 10 unit pompa air. Kiranya apa yang telah diperjuangkan oleh Bupati bisa menjadi berkat bagi masyarakat Tapanuli Utara,” ujar Kadis Pertanian.

Sedangkan anggota FPDIP DPRD Taput, Ombun Simanjuntak, turut mengucapkan terima kasih kepada Bupati atas bantuannya di masa pandemi ini. “Kami juga berharap pada Bapak Kadis Pertanian lebih banyak lagi memberi perhati kepada kelompak tani seluruhnya,” ujarnya.

Sementara kelompok tani juga menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut. “Kami akui perhatian yang nyata dan luar biasa dari Bapak Bupati untuk mendukung program peningkatan produksi pertanian. Terima kasih banyak Pak Bupati atas bantuannya. Kami akan memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Tapanuli Utara,” ujar salah satu warga kelompok tani.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment