Wabup Humbahas Pimpin Upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang

Wabup Humbahas Pimpin Upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang

topmetro.news – Wabup Humbahas Oloan Paniaran Nababan SH MH pimpin Upacara Peringatan HUT UU Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA) ke-61, Jumat (24/9/2021), di Lapangan Upacara Kantor Pertanahan Kabupaten Humbahas.

Hadir juga Kepala Kantor ATR/ BPN Humbahas Saut Simbolon dan pejabat struktural Kantor Pertanahan Kabupaten Humbahas.

Pada kesempatan itu, Oloan Paniaran Nababan SH MH membacakan sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional.

Tema Peringatan

Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2021 mengusung tema ‘Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan yang Profesional’. Dengan maksud melaksanakan Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) dan turunannya untuk menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi Rakyat Indonesia.

UUCK telah memberikan ruang yang lebih luas dan peran penting bagi tata ruang sebagai ujung tombak dalam pemberian izin berusaha. Dukungan terkait kemudahan perizinan melalui penyederhanaan persyaratan. Di mana hanya ada tiga persyaratan dasar dalam rangka kegiatan berusaha.

Dalam sambutannya, Menteri juga menyampaikan, Presiden RI telah menyerahkan Sertifikat Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria dan hasil penyelesaian konflik pertanahan. Selanjutnya perlu pengawalan mengenai pemberdayaan masyarakatnya (access reform) untuk memastikan penerima sertifikat mendapatkan akses permodalan.

Dalam rangka percepatan PTSL, menteri mengajak gubernur dan bupati/wali kota untuk membantu masyarakat yang kurang mampu melalui penyediaan anggaran Pra-PTSL. Serta membantu meringankan beban masyarakat dengan pengurangan atau bahkan penghapusan BPHTB. Sehingga target tahun 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia terdaftar dapat terealisasi.

Kementerian ATR/BPN saat ini sudah jauh lebih baik dari tahun- tahun sebelumnya. Semangat perubahan ini hendaknya menjadi landasan pegawai di lingkungan Kementerian ATR/BPN untuk dapat menjaga integritas, selalu bekerja keras, inovatif, kolaboratif, dan kreatif dalam menghadapi perubahan organisasi ke depan. Maka dari itu seleksi untuk rekrutmen pegawai ataupun promosi pejabat sudah berlaku dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan talent pool. Sehingga penerimaan atau promosi dapat berlaku dengan lebih profesional dan bertanggung jawab.

Pada upacara peringatan itu juga berlangsung penyematan Satya Lancana 10 tahun kepada Samuel Siahaan.

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment