Cara Minum Kopi Salah, Bisa Turunkan Fungsi Otak Anda

kopi-1

Topmetro.News – Turunkan fungsi otak, begitulah kalau salah caranya meminum kopi. Sekadar diketahui, di dalam secangkir kopi terdapat zat antioksidan yang tinggi. Kalau diminum dengan cara yang tepat, kopi bisa meningkatkan imunitas tubuh yang sangat berguna.

Tidak itu saja, kopi digunakan sebagai minuman pembakar lemak, selanjutnya baik untuk kesehatan khususnya otak.

Turunkan Fungsi Otak Jika Salah Konsumsi Kopi

Tapi ini berbanding terbalik manakala cara minum kopi yang salah menyebabkan masalah kesehatan terutama otak.

Setidaknya 3 kesalahan minum kopi yang harus dihindari, itu jika kamu tak ingin fungsi otak Anda menurun.

1. Minum Kopi Berlebihan Memicu Demensia

Kesalahan pertama, meminum kopi yang bisa menurunkan fungsi otak adalah mengonsumsi secara berlebihan. Meski menyehatkan, namun ada batasan tertentu untuk meminum kopi. Mayo Clinic menilai, batas kafein masuk dalam tubuh, dalam porsi aman bagi orang dewasa sebanyak 400 mg atau maksimal 4 cangkir kopi per hari.

Diimbau untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi kopi karena bakal merusak fungsi otak.

Penilaian Nutritional Neuroscience dalam studinya pada Juni 2021 silam, menyebutkan minum kopi 6 cangkir atau lebih bisa meningkatkan risiko demensia.

2. Larut Malam Meminum Kopi

Selanjutnya, kesalahan yang dianggap fatal jika Anda  meminum kopi di malam hari. Kenapa? Nah, meminum kopi malam hari justru bikin kamu jadi terjaga, bahkan kualitas tidur bisa-bisa terganggu.

Nina Riggin, Direktur Headache and Traumatic Brain Injury Center di University of California San Diego menjelaskan terganggunya kualitas tidur berdampak buruk bagi otak. Karena, keesokan harinya membuat kamu susah konsentrasi saat beraktivitas.

3. Kopi Terlalu Banyak Gula

Ini pun dianggap salah fatal. Studi tahun 2019 yang diterbitkan Clinical Interventions in Aging menemukan kandungan gula dalam kopi dapat merusak manfaat kopi itu sendiri terlebih fungsi kognitif yang buruk.

Apalagi jika dikonsumsi orang yang punya kadar gula darah tinggi, menambahkan gula berlebihan pada kopi bisa mengecilkan otak.

ARTIKEL TERKAIT | Studi: Minum Kopi 3 Kali Sehari Kurangi Risiko Kanker Prostat

Seperti diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya minum lebih dari tiga cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko kanker prostat hingga lebih dari 50 persen.

Demikian satu kesimpulan terbaru dari hasil penelitian terhadap 7.000 pria Italia.

Temuan itu sendiri kemudian telah divalidasi dalam laboratorium yang mengemukakan bahwa kandungan kafein dalam kopi mungkin memiliki beberapa efek perlindungan terhadap kanker.

sumber\foto | KAIROS

reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment