Pertamina Jamin Stok BBM dan LPG Aman Jelang Idul Fitri

Pertamina jamin stok

TOPMETRO.NEWS – Pertamina jamin stok BBM termasuk LPG. Setidaknya perusahaan plat merah itu sudah mengantisipasi kebutuhan masyarakat jelang Lebaran di tengah pandemi corona dalam kondisi aman.

Pertamina Jamin Stok, Permintaan Naik 5 Persen

Fajriyah Usman, VP Corporate Communication Pertamina memprediksi, pada masa Lebaran tahun ini, permintaan LPG naik dikisaran 5 persen dibandingkan kondisi normal (sekitar 25.847 metrik ton per hari).

Fajriyah Usman menilai, kenaikan ini dipengaruhi meningkatnya kebutuhan rumah tangga untuk menyiapkan makanan bagi keluarga.

“Tren peningkatan kebutuhan LPG dimulai sejak berlakunya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar, di mana aktivitas masyarakat banyak terkonsentrasi di rumah dan konsumsi makanan untuk keluarga lebih tinggi. Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan jelang hari raya, Pertamina menyediakan stok LPG yang aman dan mencukupi. Seluruh fasilitas kami beroperasi dengan tanki LPG terisi maksimal,” katanya seperti diberitakan pojoksatu.

Siaga SPBBE dan Agen

Dia menambahkan, untuk melayani kebutuhan LPG itu, Pertamina telah menyiagakan 657 SPBBE, 3.908 Agen dan 177.717 Outlet untuk melayani LPG PSO, serta 808 Agen dan 84.712 Outlet LPG Non PSO.

Selain itu, Pertamina juga menyalurkan jaringan gas (Jargas) untuk 220 ribu rumah tangga. Berbeda dengan LPG, kebutuhan BBM justru mengalami penurunan tajam pada seluruh produk.

Untuk BBM jenis gasoline (Premium, Pertalite dan Pertamax Series) diperkirakan menurun hingga 27,5 persen atau sekitar 67,7 Kilo Liter (KL) per hari dibandingkan pada realisasi penyaluran BBM dalam kondisi normal.

Penurunan juga terjadi pada BBM jenis Gasoil sektiar 22,8 persen atau 31,9 KL per hari. Untuk jenis Avtur diperkirakan sebesar 602 KL per hari atau turun 95 persen dibandingan kondisi normal.

Penurunan Suasana Pandemi Covid-19

Adapun penurunan ini lantaran masih berada dalam suasana pandemi Covid 19 sehingga mobilitas kendaraan di dalam kota dan antar wilayah sangat rendah dan tidak banyak memerlukan BBM.

artikel untuk Anda | UNTUNG ADA TNI, BERSAMA WARGA, NKRI UTUH TERJAGA

Meski begitu, Pertamina tetap mengoperasikan 7.023 SPBU yang tersebar di seluruh Indonesia dengan stok penuh di seluruh tanki untuk melayani permintaan BBM bagi masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, untuk mendukung penyaluran BBM dan LPG bagi masyarakat dalam perayaan Idul Fitri, Pertamina menyiagakan Sarana dan Fasilitas penyaluran yakni 114 Termina BBM, 23 Terminal LPG serta 69 DPPU.

BACA SELENGKAPNYA | Pendapatan Pertamina Tembus Rp 825 T, Laba Rp 35 T

Seperti diwartakan Topmetro.News sebelumnya, pendapatan Pertamina tercatat tembus Rp 825 triliun, sedang keuntungan perusahaan plat merah ini dilaporkan Rp 35,99 triliun pada 2018.

Pendapatan dan laba itu ditopang dari pendapatan sektor hulu seiring kenaikan harga minyak atau Indonesian crude price (ICP). Sementara laba Pertamina melonjak signifikan jika dibandingkan dengan semester pertama pada 2018 yang hanya Rp 5 triliun.

reporter | dpsilalahi
sumber/foto | jpnn/pojoksatu/jawapos

Related posts

Leave a Comment