Besok, Gubsu Edy Rahmayadi Lantik Wakil Walikota Binjai

Edy Rahmayadi

topmetro.news — Pelantikan Wakil Wali Kota Binjai terpilih, Rizky Yunanda Sitepu, akhirnya terjadwal. Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi akan mengambil sumpah/janji jabatannya pada Senin, 4 Oktober 2021 pukul 10.00 WIB, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Komplek Rumah Dinas Gubsu Jalan Sudirman Medan.

“Ya benar,” kata Kepala Bagian Otonomi Daerah pada Biro Pemerintahan dan Otda Setdaprovsu, Ahmad Rasyid Ritonga saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (3/10/2021).

Adapun sebelumnya, Rizky Yunanda Sitepu, sebagai Wakil Wali Kota Binjai telah rampung proses pemilihan di DPRD Binjai, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Anak mantan Bupati Langkat dua periode, Ngogesa Sitepu itu, unggul mengalahkan kompetitornya, Hamdani Syahputra dalam proses pemilihan Wakil Wali Kota Binjai.

Politisi muda Golkar tersebut, meraih 26 suara anggota legislatif Binjai. Sedangkan Hamdani meraih dua suara, dan satu suara dinyatakan tidak sah. Pemilihan tersebut dilandasi karena Wali Kota Binjai terpilih, Juliadi, meninggal dunia akibat terpapar Covid-19. Posisi Juliadi lantas diambilalih oleh wakilnya, Amir Hamzah, yang kini sudah dilantik definitif Gubsu Edy.

“Pelantikan akan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Hanya boleh dihadiri Forkopimda Kota Binjai dan istri wakil wali kota yang dilantik saja,” imbuh Rasyid.

Diakui dia, sekitar satu bulan surat keputusan (SK) pelantikan Rizky Yunanda Sitepu yang dimohonkan pihaknya baru direspon Dirjen Otda Kementerian Dalam Negeri.

Mulanya, kata Rasyid, pihaknya menjadwal dapat melakukan pelantikan secara serentak atas pasangan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu, Erik Adtrada Ritonga dan Elly Rossa Siregar.

“Namun justru SK pelantikan bupati Labuhanbatu terpilih yang diterbitkan duluan oleh Kemendagri, sehingga untuk pengambilan sumpah janji jabatan wakil wali Kota Binjai baru bisa dilakukan pada Senin besok,” pungkasnya.

Penulis l Erris JN

Related posts

Leave a Comment