10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

bahasa dengan pengguna terbanyak di dunia

topmetro.news – Di dunia ini ada sangat banyak bahasa. Dan masing-masing bahasa mempunyai populasi sendiri. Dan salah satu bahasa dengan pengguna terbanyak di dunia adalah Bahasa Inggris.

Di mana kemudian, soal penguasaan bahasa menjadi nilai lebih. Apalagi bila bekerja di perusahaan multinasional, yang menjadi salah satu impian banyak orang, termasuk bagi mahasiswa dan ‘fresh graduate’. Seperti namanya, perusahaan multinasional merupakan perusahaan yang menjalankan bisnisnya dan memiliki kantor di sejumlah negara.

Bahasa Inggris memang menjadi bahasa asing yang wajib kamu kuasai bila ingin bekerja di perusahaan multinasional, bahkan perusahaan lokal. Namun, selain Bahasa Inggris, sejumlah perusahaan multinasional kini juga mengharapkan calon pegawai menguasai bahasa lainnya, seperti Bahasa Mandarin.

Bukan tanpa alasan mengapa Bahasa Inggris dan Mandarin menjadi bahasa asing yang potensial untuk Anda kuasai. Pasalnya, kedua bahasa tersebut menjadi bahasa dengan penutur terbanyak di dunia.

BACA | Mencengangkan! Ini Dia Jalan Tol ‘Pencakar Langit’ Tertinggi di Dunia

Populasi Bahasa Terbanyak

Mau tahu bahasa negara lainnya yang paling banyak digunakan? Berikut 10 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, melansir laman Zenius Education, Kamis (5/8/2021):

1. Inggris (Jumlah penutur: 1,13 miliar)

Lebih dari 60 negara di dunia menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Sebut saja Amerika Serikat, Australia serta Selandia Baru. Bahkan, cukup banyak lembaga pendidikan di berbagai negara yang menjadikan bahasa ini sebagai bahasa sehari-hari. Ini karena sejarah Inggris sendiri pernah menginvasi banyak negara di dunia. Membuat pengaruh Bahasa Inggris cukup kuat dan menjadikan bahasa ini sebagai bahasa internasional.

2. Mandarin (Jumlah penutur: 1,12 miliar)

Bahasa Mandarin menempati urutan kedua sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Bahasa ini bagian dari rumpun Bahasa Sino-Tibet yang tersebar di sebagian besar negara di wilayah Asia. Lima Bahasa Tiongkok utama yaitu Mandarin, Yue yang meliputi Kanton, Min, Wu dan Hakka juga digunakan di Taiwan, Singapura dan Malaysia.

3. Hindi (Jumlah penutur: 615 juta)

Bahasa Hindi adalah bahasa resmi di India selain Bahasa Inggris. Dan bahasa ini merupakan salah satu bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia setelah Bahasa Mandarin dan bahasa Inggris. Negara India sendiri merupakan salah satu negara dengan jumlah populasi terbesar kedua setelah Tiongkok di dunia. Hal itu menjadikan Bahasa Hindi berada di posisi ketiga sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

4. Spanyol (Jumlah penutur: 534 juta)

Bahasa ini merupakan bahasa resmi Negara Spanyol dan beberapa negara seperti Meksiko, El Salvador, Chile, dan Argentina. Bahasa Spanyol lahir berkat interaksi antara Orang Celtic yang berbahasa Celtic dengan Orang Romawi yang berbahasa Latin.

5. Perancis (Jumlah penutur: 280 juta)

Bahasa Perancis terkenal ke dunia setelah Napoleon Bonaparte melakukan invasi ke beberapa negara saat terjadi Revolusi Perancis. Itulah mengapa, beberapa negara di dunia yang pernah menjadi bagian dari Imperium Kolonial Perancis menggunakan bahasa tersebut. Seperti Belgia, Luxemburg, Monaco, dan Swiss.

6. Arab (Jumlah penutur: 274 juta)

Bahasa Arab menjadi bahasa resmi dari 25 negara di wilayah Timur Tengah. Juga menjadi bahasa peribadatan Umat Islam di dunia. Bahasa Arab memiliki tiga dialek, yaitu dialek Utara (Mesir, Mesopotamia, Levantin), dialek Selatan (Jazirah Teluk, Hijazi, Nadji dan Yamani) serta dialek Barat (Magribi).

7. Bengali (Jumlah penutur: 265 juta)

Bahasa Bengali merupakan anak cabang dari Bahasa Indo-Arya, yang dituturkan di Negara Bangladesh dan beberapa daerah bagian selatan di Negara India. Bahasa ini dibagi menjadi dua dialek, yaitu dialek Shadhu Bhasa yang didasarkan pada dialek Kota Kolkata dan dialek Cholit Bhasa yang non-standar. Penggunaannya tergantung pada wilayah tutur bahasa itu sendiri.

8. Rusia (Jumlah penutur: 258 juta)

Bahasa Rusia merupakan Bahasa Slavia yang menjadi bahasa resmi dari Negara Rusia, Belarus, Uzbekistan, Kazakhstan dan Kirgiztan. Bahasa Rusia tersebar juga ke beberapa negara dari pecahan Uni Soviet lainnya dan menjadi bahasa yang tidak resmi yang digunakan di sejumlah negara. Seperti Ukraina, Moldova, Tajikistan dan Estonia.

9. Portugis (Jumlah penutur: 234 juta)

Bahasa ini merupakan bahasa resmi di Negara Portugal dan beberapa negara yang pernah menjadi bagian dari negara tersebut. Seperti Angola, Timor Leste, Brasil, dan Tanjung Verde. Penyebaran bahasa tersebut berawal dari abad ke-15 saat Portugal menggunakan sistem kerajaan kolonial dan perdagangan pertama yang terlama di dunia pada zaman modern (1415-1975).

10. Indonesia (Jumlah penutur: 199 juta)

Menjadi negara dengan jumlah populasi penduduk terpadat di dunia pada urutan keempat, tak heran bila Bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa yang banyak digunakan di dunia. Karena wilayah Indonesia yang strategis dan kaya akan sumber daya alam serta manusia, penyebaran Bahasa Indonesia juga terjadi melalui hubungan perdagangan dan kerja sama internasional. Sehingga, banyak masyarakat dari luar Indonesia yang mau belajar Bahasa Indonesia.

sumber | kompas.com

Related posts

Leave a Comment