Sambangi Ketua DPRD Sumut, Pertuni Minta Rampungkan Perda Disabilitas

Pertuni Sumut Minta Perda Disabilitas Dirampungkan

topmetro.news – Persatuan Tuna Netra Sumatera Utara (Pertuni Sumut) menyambangi Gedung DPRD Sumatera Utara. Kedatangan organisasi penyandang disabilitas tersebut diterima secara langsung oleh Ketua DPRD Provsu, Baskami Ginting.

Pada tatap muka tersebut, Perwakilan Pertuni, Saiful Daulay, mengemukakan tentang pentingnya peraturan daerah (perda) yang melindungi hak-hak kaum penyandang disabilitas.

“Peraturan tersebut, sangat dibutuhkan bagi para kaum difabel,” ujarnya, Senin (11/1/2021).

Saiful menjelaskan, pemerintah sudah selayaknya melindungi hak-hak kaum difabel. Baginya, kaum difabel harus diperhatikan dan diberi kemampuan agar dapat produktif.

“Memberi kesempatan yang sama atas dasar sama-sama warga negara, seperti pendidikan, kesehatan, rehabilitasi, peningkatan kesejahteraan dan lainnya,” jelasnya.

Saiful menjelaskan, minimnya perhatian pemerintah, terlihat pada anggaran yang diperuntukkan untuk disabilitas.

Sementara itu, Ketua DPRD Provsu Baskami Ginting menjelaskan pihaknya terus berupaya agar melahirkan perda tentang perlindungan disabilitas ini.

“Kebetulan tahun lalu, kita masih fokus dengan penanganan covid, sehingga masalah perda ini kita pending sementara,” tambahnya.

Menurut Baskami, perda untuk kaum difabel sudah layaknya dilahirkan untuk menjamin hak-hak sesama warga negara. “Tentunya melalui kajian oleh semua pihak, termasuk akademisi. Kita akan mengkaji peraturan ini secara menyeluruh,” imbuhnya.

Nantinya, lanjut Baskami, perda tersebut akan diturunkan melalui Peraturan Gubernur (Pergub) mengenai teknis dan besaran anggaran.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment