Bupati Taput Serahkan Bantuan Atensi Modal Usaha Kewirausahaan dan Alat Bantu Khusus Penyandang Disabilitas

Bupati Taput Serahkan Bantuan Atensi Modal Usaha Kewirausahaan

topmetro.news – Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi serahkan Bantuan Atensi Modal Usaha Kewirausahaan Kebutuhan Dasar dan Alat Bantu Khusus Penyandang Disabilitas dari Kementrian Sosial Melalui Balai Besar Soeharsono Surakarta.

Kegiatan berlangsung di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Jumat (15/10/2021).

Turut mendampingi Bupati Taput, antara lain, Kadis Sosial Rahman Situmeang, Kadis Lingkungan Hidup Heber Tambunan, dan Kabag Prokopim Sasma Situmorang.

Penerima bantuan merupakan para penyandang disabilitas. Akan mereka gunakan sebagai modal usaha berupa gula dan minyak, modal usaha pertanian berupa pupuk, knapsack sprayer, dan beko.

Dalam kesempatan itu Bupati Taput mengucapkan terima kasih kepada Menteri Sosial atas perhatian serta bantuannya. “Kami juga berharap bantuan tahap berikutnya dapat terealisasi dalam waktu dekat,” ujarnya.

“Harapan saya. Bantuan yang diberikan saat ini dipergunakan sebaik mungkin. Dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama yang berkebutuhan khusus. Bagi saudara kita yang belum menerima bantuan, mohon bersabar. Karena sesuai dengan yang sudah kita usulkan, masih ada tahap selanjutnya. Pasti kita perjuangkan,” ujar Bupati mengakhiri.

Usai arahannya, Bupati Taput menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis.

Dukung Taput

Sebelumnya, Kepala Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Prof DR Soeharso Surakarta Juena Sitepu menyatakan siap mendukung program Bupati Taput dalam peningkatan kesejahteraan. Ia berharap agar sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah tetap berjalan baik.

“Semoga bantuan ini bermafaat di masyarakat, bisa meningkatkan kesejahteraan. Ini masih bantuan tahap awal. Selanjutnya akan segera menyusul. Semoga kerjasama ini semakin baik supaya semakin banyak yang bisa kita bantu. Pak Bupati, kami siap membantu sesuai usulan Bapak,” ujar Juena Sitepu

Dalam kesempatan tersebut, Kadis Sosial Taput menjelaskan, bahwa bantuan itu merupakan tindak lanjut atas usulan Bupati Nikson Nababan ke Kementerian Sosial.

Usulan yang dikirimkan sudah tiga tahap. Pertama, 35 assessment, kedua 101 assessment dan ketiga 92 assessment. Seluruhnya 228 assessment. Saat itu diserahkan sebanyak 35 assessment kepada 28 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Besaran bantuan untuk masing-masing PPKS antara Rp300 ribu sampai dengan Rp3,5 juta.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment