Percepatan Pembangunan Kebun Plasma, Disbun Aceh Singkil Panggil Seluruh Perwakilan Perusahaan

Disbun Aceh Singkil Panggil Seluruh Perwakilan Perusahaan

topmetro.news – Setelah bersama-sama menyepakati akan pembangunan kebun plasma antara seluruh pihak perusahaan dengan Pemkab Aceh Singkil. Yang mana perjanjian itu berbunyi tiga poin kesepakatan, di antaranya:

  1. Mempasilitasi pembangunan kebun masyarakat seluas 20% dari luas lahan izin yang diperoleh untuk petani di wilayah HGU dengan pola kerjasama: a. Pola Kredit, b. Pola Bagi Hasil, c. Bentuk pendanaan lainnya yang disepakati, dan d. Bentuk kemitraan lainnya.
  2. Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) di masing masing HGU.
  3. Pelaksanaan Kemitraan bagi petani perkebunan kelapa sawit.

Hal ini tentu mendapat apresiasi dari masyarakat Aceh Singkil dan menunggu realisasi dari kesepakatan tersebut.

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Aceh Singkil Zulkifli SP saat dikonfirmasi reporter topmetro.news di ruang kerjanya mengatakan dalam menindaklanjuti kesepakatan tersebut pihaknya sudah menyurati pihak perusahaan. Agar melakukan pertemuan membahas sejauhmana sudah realisasi yang mereka lakukan.

“Alhamdulillah. Hari ini kita sudah memanggil perwakilan dari seluruh perusahaan yang ada di Aceh Singkil. Menanyakan sejauh mana sudah mereka realisasikan poin-poin dalam kesempatan bersama tersebut,” ucap Zulkifli, Senin (18/10/2021).

“Kalau kita lihat sejauh ini baru satu perusahaan yang sudah melaporkan hasil dari pendataan mereka. Dan sudah memiliki lahan untuk dijadikan kebun plasma. Yakni Perusahaan Sawit PT Delima Makmur. Sedangkan 14 perusahaan lainnya masih belum ada laporan. Makanya mereka kita panggil dan dengarkan apa kendalanya,” urainya.

“Kalau memang dari pihak perusahaan memiliki kendala dalam mempasilitasi adanya lahan kita bisa beri opsi. Biar dari pemerintah yang mencarikan lahan untuk mereka dengan membentuk tim,” ujarnya lagi.

“Bila sudah pasti kita akan libatkan semua pihak di dalam tim tersebut. Agar pendataannya berjalan dengan baik dan benar. Kita berharap pembangunan kebun plasma ini secepatnya bisa terlaksana. Makanya bila ada keluhan atau hal yang tidak bisa dilakukan oleh pihak perusahaan kita siap membantu,” tutupnya.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment