Lapas Panyabungan Ikuti Zoom Bakti Sosial Kemenkumham Rayakan HDKD 2021

Kemenkumham dalam merayakan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) 2021

topmetro.news – Kegiatan bakti sosial merupakan salah satu agenda utama Kemenkumham dalam merayakan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) 2021. Melalui zoom, rangkaian kegiatan ini diaplikasikan dan turut diikuti Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Panyabungan.

Pada kegiatan bertema, ‘Kumham Perduli, Kumham Berbagi dan Empati Kumham’ itu, hadir secara langsung Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej dan Sekretaris Jenderal Kemenkumham Andap Budhi Revianto, beserta jajaran pimpinan tinggi Kemenkumham. Termasuk juga Direksi Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Dalam tayangan zoom tersebut Kemenkumham memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) secara simbolis. Penyerahan melalui Wakil Menteri Hukum dan HAM bersama Sekjen serta Staf Ahli Bidang Ekonomi Lucky Agung Binarto. Yang menerima adalah Ketua Perhimpunan Tenaga Kesehatan (Pernakes).

Tidak hanya itu, bantuan berupa beasiswa pun juga diberikan kepada keluarga ASN Kemenkumham yang terdampak Covid-19. Turut mengikuti pemberian bantuan secara simbolis itu, yakni 5 Unit Utama dan 19 Kantor Wilayah Kemenkumham.

Dalam sambutannya, Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej menyampaikan, pelaksanaan bakti sosial ini merupakan pengejawantahan dari nilai-nilai yang tertanam dalam diri seluruh insan pengayoman.

“Bakti sosial ini mencerminkan nilai Dharma Karya Dhika di dalam diri setiap insan Kemenkumham. Serta bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara,” ujar Edward, Kamis (21/10/2021).

Apresiasi Kemenkumham

Sementara Koordinator RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Mayjen TNI Dr Budiman menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. Dan atas sumbangan berupa alat perlindungan diri, masker, pelindung wajah, serta alat makan pribadi.

“Kami mengucapkan terima kasih atas empati dan kepedulian dari jajaran Kemenkumham kepada relawan yang bekerja di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran. Kepedulian yang Bapak berikan sangat berarti dalam melaksanakan tugas agar mereka terhindar dari infeksi Covid-19,” sebutnya.

“Kita bersyukur bahwa jumlah kasus Covid-19 sudah menurun. Namun demikian, kita tidak boleh abai. Sehingga kami seluruh staf dan relawan tetap waspada,” sambungnya.

Kegiatan bakti sosial kali ini juga terwujud dalam bentuk kegiatan donor darah. Kemudian, kegiatan ‘Empati Kumham’ bagi keluarga pegawai yang wafat karena Covid-19. Serta sunatan massal yang terlaksana oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment