Kisah Inspiratif…! Anggota DPRD Sumut Nyambi Bertani Cabe

anggota dewan, namun Pantur tidak malu menyambi jadi petani

topmetro.news – Kisah inspiratif dari seorang anggota DPRD Sumut, bernama Pantur Banjarnahor. Meski, berstatus sebagai anggota dewan, namun Pantur tidak malu menyambi jadi petani.

Di sela kesibukannya sebagai wakil rakyat, politisi dari Partai PDI Perjuangan ini memanfaatkan lahan luas 2 hektar. Ia bercocok tanam cabe di lahannya yang berlokasi di Desa Parsingguran II Kecamatan Pollung Kabupaten Humbahas.

Kisah inspiratif ini disampaikan oleh, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor saat meninjau pertanian Pantur di Desa Parsingguran II Kecamatan Pollung, kepada sejumlah wartawan, Sabtu (23/10/2021).

Dosmar mengatakan, Pantur membuka lahan pertanian seluas 2 hektar itu, tak lain merupakan warisan nenek moyangnya. Lahan itu sudah ratusan tahun dibiarkan begitu saja dan tidak dikelola menjadi lahan produktif.

“Dulunya ini lahan tidak produktif. Hanya bisa tumbuh ilalang. Tapi kini dimanfaatkan untuk menanam cabe, luasnya sekitar 2 hektar,” ujar adik Pantur ini.

Karena tidak produktif, Pantur kemudian meluangkan waktunya untuk bertani. Tentunya yang ia lakoni itu, akan menambah penghasilan di tengah krisis ekonomi dampak dari Pandemi Covid-19.

Manfaat Bertani

Bahkan, manfaatnya lainnya dengan bertani, merasakan ada kebahagian tersendiri apabila pertaniannya panen dengan baik. Hasil dari keringatnya sendiri.

“Bayangkan, sudah tiga kali panen. Panen pertama 205 kilo. Kedua 450 kilo, dan ketiga 600 kilo,” sebut Dosmar.

Namun, Dosmar tidak mengetahui mengapa abangnya itu terjun menjadi petani meski sudah menjadi anggota dewan dengan segala keistimewaannya.

Akan tetapi, kata Dosmar, mungkin saja karena bertani itu sudah menjadi bagian dari jiwa mereka. Sebab, mereka merupakan orang yang terlahir dari keluarga petani. Hingga, tentunya sejak kecil sudah biasa hidup di sawah. Bahkan bisa dikatakan besar di pesawahan.

“Selain itu, karena potensi Kabupaten Humbahas ini adalah pertanian. Jadi, dari pada sibuk yang tidak karuan, lebih baik kita manfaatkan waktu dengan bertani,” kata Dosmar.

Lebih lanjut Dosmar mengatakan, abangnya meluangkan waktu sebagai petani bukan karena gaji kurang. Akan tetapi, sebagai yang terlahir dari keluarga petani dan berharap bisa mengubah kehidupan petani dengan memberi contoh terjun langsung. Sehingga meskipun sebagai anggota dewan tidak gengsi bertani.

“Bertani kan adalah pekerjaan yang mulia. Bertani dapat menghidupkan dan dapat membuka lapangan kerja,” kata Bupati.

Ketua PDI Perjuangan Humbahas ini meyakinkan, dengan menekuni pertanian, akan mendidik wirausahawan yang mampu berdiri di kakinya sendiri. Atau berdikari.

Untuk itu, Dosmar berharap para pemuda Kabupaten Humbang Hasundutan yang termasuk ke dalam generasi milenial agar tak gengsi atau malu. Maka, menurutnya para pemuda sudah bisa bereakreasi untuk terjun ke pertanian.

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment