Kondisi Jalan Provinsi Rusak Parah, Warga Mengadu Kepada Bupati Asahan

(Pospera) Kecamatan Silau Laut dan Air Joman melakukan audensi ke Bupati Asahan H Surya BSc di Rumah Dinas Bupati Asahan, Rabu (27/10/2021).

topmetro.news – Pimpinan Anak Cabang Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Kecamatan Silau Laut dan Air Joman melakukan audensi ke Bupati Asahan H Surya BSc di Rumah Dinas Bupati Asahan, Rabu (27/10/2021).

Ketua PAC Pospera Silau Laut, Rahmat Hidayat mengatakan kedatangan kami untuk bersilaturrahmi dan menyampaikan aspirasi masyarakat Kecamatan Air Joman dan Silau Laut terkait kondisi ruas jalan 54 Provinsi Sumatera Utara yang menghubungkan dua Kecamatan tersebut kepada Bupati Asahan yang saat ini kondisinya rusak parah.

Akibat rusaknya jalan ini, banyak masyarakat sebagai pengguna jalan mengalami kecelakaan dan kerugian. Rusaknya jalan ini menghambat roda prekonomian dikarenakan jalan ini merupakan jalan utama keluar dan masuknya masyarakat di dua Kecamatan dan masyarakat lainnya.

Masyarakat berharap Pemkab Asahan mampu mencari solusi bagaimana agar secepatnya jalan ini diperbaiki. Setidaknya Pemkab Asahan menyurati Pemprovsu agar memperbaiki ruas jalan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Bupati mengatakan Pemkab Asahan akan menyikapinya, karena yang diperjuangkan ini adalah aspirasi masyarakat. Tapi masyarakat harus paham, ruas jalan tersebut adalah jalan provinsi, bukan Pemkab Asahan. Jadi wewenang untuk membangun atau pemeliharaan adalah Pemprovsu, tidak bisa kita memperbaiki tanpa persetujuan Pemprovsu.

Namun karena hal ini menyangkut kepentingan masyarakat, Saya akan berusaha semaksimal mungkin dengan menyurati Pemprovsu melalui Dinas terkait. Bupati memerintahkan Kadis PUPR Asahan, Tengku Adi Huzaifah SSos untuk segera berkoordinasi dengan Pemprovsu agar segera dilakukan perbaikan ruas jalan 54 tersebut.

“Kalau memang dibenarkan dan tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku, sebagai langkah awal kita siap menggunakan APBD Asahan untuk pemeliharaan jalan tersebut”, kata H Surya.

Disisi lain, Bupati juga menjelaskan dalam rangka penanganan Covid 19, bukan hanya di Asahan tapi di seluruh Indonesia, dengan menelan anggaran yang cukup besar sehingga ada beberapa rencana pembangunan yang seharusnya sudah dilaksanakan, terpaksa ditunda demi penanganan Covid 19.

“Untuk itu kepada masyarakat, Saya menghimbau agar tetap menerapkan protokol kesehatan agar pandemi ini dapat segera berlalu. Pakai masker, jaga jarak, jauhi kerumunan dan cuci tangan pakai sabun,” kata Bupati.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment