Kapolres Tebingtinggi dan Sejumlah Kasatwil di Sumut Dicopot

Kapolres Tebingtinggi dan Sejumlah Kasatwil di Sumut Dicopot

topmetro.news – Kapolres Tebingtinggi dan sejumlah kepala satuan wilayah (Kasatwil) lainnya di Sumut dicopot dari jabatannya dalam rangka evaluasi.

Mutasi itu lantaran Kapolri Jenderal Jenderal Listyo Sigit Prabowo terhadap sejumlah perwira tinggi (Pati) hingga perwira menengah (Pamen) di seluruh jajaran.

Salah satunya adalah Kapolres Tebingtinggi dan sejumlah Kapolres lainnya di jajaran Polda Sumut.

Evaluasi Jabatan

Berdasarkan Surat Telegram (TR) Nomor ST/2280/X/KEP/2021 tanggal 31 Oktober 2021, ditandatangi SDM Mabes Polri Irjen Pol Wahyu Widada, Kapolres Tebingtinggi, AKBP Agus Sugiyarso dimutasi sebagai Pamen Polda Sumut dalam rangka evaluasi jabatan.

Diduga, pencopotan itu berkaitan dengan ulah istri AKBP Agus Sugiyarso (Bhayangkari) sempat viral di media sosial (Medsos) pamer segepok uang. Bidang Propam Polda Sumut langsung menangani kasus yang viral tersebut.

Kemudian, AKBP Robinson Simatupang sebelumnya menjabat Kapolres Serdangbedagai (Sergai) dimutasi menjadi Kabag Wasidik Ditresnarkoba Polda Sumut. Belum diketahui pasti penyebab AKBP Robinson Simatupang digeser dari jabatan Kapolres.

Namun, belum lama ini mantan anak buahnya AKP DIL dilaporkan istrinya ke Propam Polda sumut karena dugaan perselingkuhan dengan oknum Polwan yang juga personel Polres Sergai.

Mengisi jabatan Kapolres Tebingtinggi dipercayakan kepada AKBP Mochamad Kunto Wibisono yang sebelumnya menjabat Kapolres Jakarta Barat. Jabatan Kapolres Sergai kemudian dipercayakan kepada AKBP Ali Machmud, sebelumnya menjabat Kasubdit IV Ditreskrimum Polda Jatim.

Lalu, AKBP Deni Kurniawan sebelumnya menjabat Kapolres Labuhanbatu dimutasi sebagai Pamen Polda Sumut. Dalam TR itu tertulis Deni Kurniawan dalam rangka evaluasi jabatan. Penggantinya AKBP Anhar Arlia Rangkut sebelumnya Kasubdit III Ditreskrimum Polda Sumut.

AKBP Rinaldo sebelumnya menjabat Kabagwasidik Ditresnarkoba Polda Sumut dimutasi sebagai Pamen Polda Sumut.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengakui adanya TR Kapolri dan mutasi sejumlah Kapolres di Sumut tersebut.

“Iya benar,” tutur Hadi, Selasa (2/11/2021).

Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak menambahkan kalau Kapolres Tebingtinggi dan Labuhanbatu mendapat mutasi dalam rangka evaluasi.

“Tebingtinggi dan Labuhanbatu dievaluasi. Kami melaksanakan perintah Bapak Kapolri, bahwa seorang pimpinan harus jadi tauladan dan memberikan contoh kepada anak buah termasuk melakukan pengawasan terhadap semua kegiatan anggota dan keluarganya,” katanya.

reporter | Dedi

Related posts

Leave a Comment