Ini Tindakan Preventif Lapas Panyabungan Deteksi Dini Gangguan Kamtib

Regu Jaga Lapas Panyabungan Deteksi Dini Gangguan Kamtib

topmetro.news – Jajaran keamanan regu jaga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Panyabungan Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan kegiatan pengecekan di lingkungan lapas dan kamar hunian warga binaan.

Hal itu bertujuan guna mendeteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib).

Pengecekan yang berlaku, yakni lingkungan branggang, jeruji teralis besi blok, dan kamar hunian. Regu Jaga Lapas Panyabungan juga mengecek dinding kamar mandi, serta plafon blok dan kamar hunian WBP.

Kegiatan berlangsung pada pukul 09.30 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB.

“Dengan menggunakan alat seadanya, kegiatan pengecekan tersebut, berlangsung di lingkungan branggang, setiap blok dan kamar hunian dengan cara mengetuk setiap teralis besi, dinding kamar mandi, plafon di setiap blok dan kamar hunian WBP,” ungkap Kalapas Kelas IIB Panyabungan Hamdi Hasibuan kepada topmetro.news, Selasa (2/11/2021).

Tujuan Kegiatan

Mantan Kalapas Kelas IIB Kayu Agung itu juga menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengecek, mengetahui dan mengevaluasi apabila ada plafon yang rusak. Maupun mengecek apakah ada teralis yang rusak, berkarat, terpotong, yang ‘diduga’ dilakukan oleh warga binaan.

“Deteksi dini gangguan kamtib ini sebagai upaya kita dalam mengantisipasi atau tindakan preventif terhadap munculnya gangguan keamanan dan ketertiban,” ungkapnya.

Ia tambahkan, walaupun dengan alat seadanya, kegiatan seperti itu memang selalu rutin mereka lakukan sekali dalam seminggu. “Guna tetap menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan seperti gangguan kamtib dan lain sebagainya,” tutupnya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment