Toilet Uniseks McDonald’s di Brasil Memicu Polemik

Toilet Uniseks McDonald's di Brasil Memicu Polemik

topmetro.news McDonald’s di negara bagian Sao Paolo, Brasil, memicu polemik di antara warga di sana hanya gara-gara toilet uniseks.

Mengutip AFP, pemerintah negara bagian bagian mendesak waralaba itu untuk mematuhi regulasi dengan memisahkan toilet pria dan perempuan.

Desakan itu berawal setelah ada salah satu pengunjung yang komplain dengan toilet uniseks yang menggabungkan pengunjung lelaki dan wanita.

Komplain pengunjung itu bahkan sempat terekam video dan viral di media sosial. Dalam video itu, seorang wanita yang merekam video di dalam toilet McDonald’s di Kota Bauru, Sao Paolo, menyemburkan keluhannya.

“Ini konyol! Anak-anak juga menggunakan toilet ini. Ini adalah sistem komunisme di kota kami, Bauru. Ini memalukan!” ujar perempuan tersebut.

Keruan saja, video itu langsung mengundang kehebohan di Brasil, terutama negara bagian Sao Paolo. Polemik itu pun membuat pejabat daerah langsung menginspeksi restoran ternama di dunia itu.

“Kami mendapati bahwa regulasi daerah tentang kesehatan tidak dihormati,” ujar Wali Kota Bauru, Suellen Roim, dalam cuitan Twitter.

Berdasarkan aturan lokal, pendirian toilet memang harus dibuat secara terpisah untuk lelaki dan perempuan.

McDonald’s Bauru itu pun mendapat waktu hingga dua pekan untuk merenovasi toilet uniseks dengan pemisahan berdasarkan jenis kelamin.

Pihak restoran cepat saji itu pun berjanji akan mematuhi regulasi setempat untuk memenuhi standar di sana.

Meski demikian, komplain itu memicu perdebatan di media sosial terkait isu gender. Topik tersebut kerap mencuat di Brasil sejak pimpinan Presiden Jair Bolsonaro yang mendapat tudingan sebagai sosok yang seksis dan homofobia.

sumber: CNN

Related posts

Leave a Comment