Covid-19 Belum Usai, Flu Burung Mulai Merebak di Eropa-Asia

Covid Belum Usai, Flu Burung Mulai Merebak di Eropa-Asia

topmetro.news – Wabah flu burung akut kembali terdeteksi di beberapa negara Asia hingga Eropa dalam beberapa hari terakhir.

Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE) mewanti-wanti wabah flu burung menyebar semakin cepat di beberapa wilayah tersebut.

Penyebaran flu burung yang sangat menular ini pun membuat industri unggas siaga. Sebab, wabah-wabah flu burung sebelumnya menyebabkan para peternak harus rela memusnahkan ribuan unggas mereka.

Selain itu, wabah flu burung juga kerap menyebabkan pembatasan perdagangan hewan unggas. Meski begitu, virus flu burung tidak bisa menular lewat makanan berbahan unggas atau produk unggas lainnya.

Saat ini, wabah flu burung juga terus menjadi sorotan kekhawatiran para ahli epidemiologi karena saat ini virus flu burung dapat ditularkan dari hewan unggas ke manusia.

Sejauh ini, mengutip dari CNN, baru China yang melaporkan infeksi flu burung pada manusia. Selama 2021, China melaporkan 21 infeksi flu burung H5N6 yang mengenai manusia. Jumlah itu meningkat dari setahun sebelumnya.

Mewabah

Sementara itu, Korea Selatan baru-baru ini juga melaporkan wabah flu burung di sebuah peternakan di Chungcheongbuk-do dengan 770 ribu unggas yang terinfeksi, kata OIE.

Seluruh unggas di peternakan itu pun dimusnahkan.

Korea Selatan melaporkan sekitar 770 ribu unggas di peternakan Chungcheongbuk-do terinfeksi flu burung, kata OIE. Hewan-hewan itu kemudian disembelih.

OIE juga melaporkan Jepang mendeteksi wabah flu burung H5N8 baru-baru ini di sebuah peternakan unggas di timur laut negara itu.

Di Eropa, ada Norwegia yang melaporkan sekitar 7.000 unggas terinfeksi flu burung H5N1 di wilayah Rogaland.

Wabah itu umumnya terjadi di musim gugur, saat burung-burung liar bermigrasi dan menyebarkan virus. Varian flu burung di wilayah itu, pertama terdeteksi pada angsa liar di dekat Antwerpen.

Pemerintah Belgia kemudian menempatkan negara itu pada level siaga wabah flu burung. Mereka juga menginstruksikan agar unggas tetap di dalam rumah mulai Senin (15/11) kemarin.

Belanda juga menerapkan langkah serupa di awal Oktober, lalu Prancis nyusul yang baru memberlakukan pada awal November.

sumber: CNN

Related posts

Leave a Comment