AS Dukung Indonesia Memberantas Korupsi

AS Dukung Indonesia Memberantas Korupsi

topmetro.news – Selama 5,5 tahun terakhir, melalui program USAID CEGAH, Pemerintah Amerika Serikat memberikan dukungan pada Pemerintah Indonesia dan masyarakat sipil dalam mendorong transparansi, akuntabilitas, dan antikorupsi di Indonesia.

“Korupsi dan kurangnya transparansi telah membatasi peluang sosial dan ekonomi, menghambat pembangunan, dan menurunkan kepercayaan publik terhadap pemerintah. Amerika Serikat gembira dapat mendukung upaya Indonesia memperdalam upaya reformasi, meningkatkan tata kelola pemerintahan yang transparan dan responsif terhadap kebutuhan warga negara, dan membantu berkembangnya budaya akuntabilitas,” kata Ryan Washburn, Direktur USAID, Rabu, 17 November 2021.

USAID CEGAH merupakan inisiatif anti-korupsi dengan dana senilai USD 23,6 juta (Rp 336 miliar) untuk memperkuat akuntabilitas di Indonesia. Melalui upaya terpadu peningkatan kapasitas bagi organisasi masyarakat sipil, media, sektor swasta, dan pemerintah serta lembaga independen lainnya. Lembaga independen itu diantaranya KPK, Mahkamah Agung, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kejaksaan Agung, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Ombudsman Republik Indonesia (ORI). Serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

“Selama lima tahun kerja sama antara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan USAID CEGAH, semua berjalan sangat baik. Terutama dalam upaya mengembangkan transparansi, menanggapi korupsi, mal-administrasi, serta memperkuat upaya antikorupsi di Indonesia. Dengan membangun sebuah sistem untuk mengurangi peluang korupsi di Indonesia yaitu melalui SP4N – LAPOR!,” kata Wakil Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Diah Natalisa.

Bersama dengan mitra-mitranya di Indonesia, USAID mempromosikan upaya berbasis data untuk meningkatkan penuntutan dan penanganan kasus korupsi. Memastikan konsistensi yang lebih tinggi dalam pengambilan keputusan peradilan melalui pendekatan inovatif dan meningkatkan inisiatif pendidikan anti korupsi.

Dukung Indonesia

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta dalam keterangan, 17 November 2021, mengatakan USAID akan terus mendukung upaya Indonesia dalam memajukan tindakan pencegahan praktik-praktik korupsi dan kapasitas pengawasan yang lebih baik dari pihak pemerintah Indonesia untuk memantau dan mencegah korupsi.

Bukan hanya itu, USAID juga akan mendukung jejaring OMS yang lebih mumpuni dan dihormati. Untuk memberikan pengawasan yang lebih besar terhadap perilaku dan kinerja pemerintah.

USAID adalah badan pembangunan internasional terkemuka di dunia dan memimpin pembangunan internasional serta upaya kemanusiaan untuk menyelamatkan jiwa, mengentaskan kemiskinan, memperkuat tata kelola pemerintahan yang demokratis, dan membantu negara-negara mencapai kemandirian dan ketangguhan.

Selama lebih dari 20 tahun, Pemerintah AS melalui USAID telah bermitra dengan Pemerintah Indonesia untuk memperkuat pemerintah Indonesia dalam upaya memerangi korupsi di Indonesia.

sumber: Tempo.co

Related posts

Leave a Comment