Inilah Jenis Kursi Roda, Berikut Fungsinya

jenis kursi roda

Topmetro.News – Jenis kursi roda berikut ini bisa dijadikan pilihan. Digunakan untuk membantu orang dengan kondisi kesulitan berjalan dan bergerak. Inilah empat jenis kursi roda yang perlu kamu tahu.

Sekadar diketahui, kursi roda merupakan alat bantu medis yang digunakan pasien dengan kondisi kesulitan berjalan maupun menggerakkan anggota tubuh.

Perangkat ini biasanya direkomendasikan untuk pasien yang mengalami cedera atau patah tulang tungkai dan kaki, lumpuh total, serta memiliki gangguan keseimbangan.

Kursi roda juga direkomendasikan untuk orang dengan gangguan muskuloskeletal (otot, saraf, tendon, sendi, ligamen, serta tulang belakang), masalah neurologis maupun tidak sanggup berjalan jauh.

Nah, jika Anda memiliki salah satu kondisi tersebut, penting mengetahui terlebih dahulu jenis kursi roda berdasarkan fungsinya. Berikut empat di antaranya:

jenis kursi roda
1. Manual Wheelchairs

Definisi manual wheelchairs, jenis kursi roda yang digerakkan secara manual menggunakan tangan. Jenis ini didesain dengan roda belakang berukuran besar.

Perangkat ini juga menyediakan velg yang memungkinkan pengguna mendorong roda secara mandiri ke arah depan dan belakang. Selain itu, manual wheelchairs juga memungkinakan penggunanya melakukan gerakan berputar.

Manual wheelchairs juga didesain dengan pegangan di belakang sandaran kursi. Fungsinya, agar kursi roda dapat didorong oleh orang lain.

Alat bantu ini umumnya digunakan oleh pasien dengan kondisi cedera atau patah kaki sebagian. Juga, untuk orang yang tidak dapat menggerakkan tubuh, namun masih sanggup mengoperasikan kursi roda secara mandiri.

Keunggulan lain kursi roda jenis ini adalah bobotnya yang ringan, mudah dilipat, dan ringkas dibawa ke mana pun.

Sayangnya, manual wheelchairs dapat menyebabkan penggunanya merasa cepat lelah. Terutama ketika digunakan untuk melakukan perjalanan jauh maupun dioperasikan dalam waktu yang lama.

Lebih dari itu, penggunaan manual wheelchairs secara terus-menerus dapat menyebabkan masalah kesehatan. Hal ini terjadi jika penggunanya tidak meluangkan waktu untuk sekadar berdiri.

jenis kursi roda2

2. Powered Wheelchairs

Disampaikan dr Dyah Novita Anggraini, powered wheelchairs merupakan jenis kursi roda elektrik. Alat bantu jalan ini menggunakan tenaga baterai untuk bergerak.

Karena fitur otomatis itu, jenis kursi roda ini tidak menyebabkan penggunanya merasa cepat lelah. Selain itu, powered wheelchairs juga memungkinkan penggunanya melakukan gerakan yang tidak mungkin dilakoni ketika menggunakan kursi roda manual.

Kursi roda elektrik ini direkomendasikan bagi pasien yang memiliki keterbatasan fisik maupun tidak memiliki tenaga mengoperasikan manual wheelchairs.

3. Pediatric Wheelchairs

Diketahui pula, pediatric wheelchairs merupakan kursi roda yang dirancang khusus untuk anak-anak. Dari macam-macam kursi roda yang ada, jenis ini dapat berupa kursi roda yang dioperasikan secara manual maupun elektrik.

Beberapa jenis pediatric wheelchairs didesain untuk memfasilitasi gangguan mobilitas yang dialami anak. Alat bantu ini membantu mempercepat proses adaptasi anak pengguna kursi roda.

4. Sport Wheelchairs

Jenis kursi roda selanjutnya yaitu sport wheelchairs. Alat bantu jalan ini didesain khusus untuk berolahraga, meliputi basket, tenis, balap, rugby, maupun jenis olahraga lainnya.

Spesifikasi sport wheelchairs pun disesuaikan dengan jenis olahraganya. Meski begitu, umumnya kursi roda ini dioperasikan secara manual.

Sport wheelchairs untuk olahraga basket misalnya, didesain dengan roda miring ke luar. Jenis ini membantu atlet menjaga keseimbangan, sembari memberikan ruang lebih untuk gerak tubuh bagian atas.

Umumnya, sport wheelchairs juga dilengkapi dengan empat roda kecil. Letaknya di bawah dua roda utama yang berukuran besar.

Fitur ini membantu menjaga keseimbangan atlet. Beberapa jenis kursi roda untuk olahraga ini juga didesain dengan fitur khusus untuk melindungi kaki atlet dari risiko cidera.

BACA PULA | SATU HATI Sumut Gandeng PITI Sumut Salurkan 17 Kursi Roda Ke BNNP Sumut

Seperti diberitakan topmetro.news sebelumnya, dalam rangkaian membantu kinerja Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumut (BNNP Sumut) dalam sosialisasi dan upaya pencegahan penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif di Provinsi Sumut. Komunitas SATU HATI Sumut telah berkolaborasi Persaudaraan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sumut menyerahkan bantuan 17 unit kursi roda kepada Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara (BNNP Sumut) untuk dimanfaatkan di klinik Pratama yang ada di klinik Pratama milik BNN Kab/Kota.

Hal ini dikatakan Ketua Umum SATU HATI Sumut Sartjipto King didampingi Ketua Medan Edy Tanjaya, Sekretaris PITI Sumut Edi Sukarno dan para pengurus SATU HATI Sumut usai beraudiensi dan langsung diterima Kepala BNNP Sumut Kamis (17/9/2020), di kantor BNNP Sumut Jalan Williem Iskandar No.1A Pasar V Barat I Medan Estate.

sumber\foto | KAIROS
reporter| jeremitaran

Related posts

Leave a Comment