Rutan Labuhan Deli Kanwil Sumut Kolaborasi untuk Vaksinasi Warga Binaan

Rutan Labuhan Deli Kanwil Sumatera Utara Vaksinasi Warga Binaan

topmetro.news Rumah Tahanan Kelas I Labuhan Deli Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara menargetkan 1.675 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mendekam di rutan tersebut mendapat vaksinasi baik dosis I maupun dosis II dari instansi terkait.

Kepala Rutan Kelas I Labuhan Deli Kanwil Sumatera Utara, Nimrot Sihotang menyebutkan, hingga saat ini baru 1.446 WBP yang menerima vaksin baik dosis I maupun dosis II. Terakhir, pemberian vaksin dosis I oleh  Lantamal I Belawan terhadap 532 WBP dan vaksinasi dosis II terhadap 51 WBP.

“Kita terus berkordinasi dan berkolaborasi dengan instansi terkait. Baik Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Dinas Kesehatan Kota Medan, Polres Pelabuhan Belawan dan Lantamal I Belawan. Agar seluruh WBP yang mendekam di Rutan Labuhan Deli Kanwil Sumatera Utara menerima vaksin,” ungkap Nimrod kepada topmetro.news, pada Senin (22/11/2021).

Nimrot mengakui, pemberian vaksin terhadap WBP penting untuk membentuk herd immunity khususnya selama berada di dalam rutan.

“Kendala untuk pemberian vaksin sama seperti di lapas maupun rutan lainnya, yaitu ada beberapa WBP yang tidak memiliki NIK. Sehingga kita juga berkordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk melakukan pendataan terhadap WBP agar memiliki NIK,” jelasnya.

Tuntaskan Vaksin

Lanjut Nimrot, pihak Lantamal I Belawan bersedia membantu Rutan Kelas I Labuhan Deli Kanwil Sumatera Utara untuk menuntaskan pemberian vaksin terhadap WBP yang mendekam di rutan tersebut setelah para WBP mendapat NIK dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Untuk UPT Pemasyarakatan Kanwil Sumatera Utara, Rutan Labuhan Deli sudah menuntaskan vaksinasi hingga 80 persen. Dari jumlah WBP yang mendekam,” paparnya.

Selain pemberian vaksin, Nimrot menambahkan pihaknya juga rutin melaksanakan penyemprotan disinfektan, olahraga rutin, pemberian vitamin dan penyediaan sarana video call.

“Berbagai kegiatan juga kita laksanakan untuk meningkatkan imun WBP. Salah satunya dengan menggelar panggung kesenian setiap hari Selasa dan Sabtu. Lalu kegiatan keagamaan, bantuan dan penyuluhan hukum secara zoom,” bebernya. Seraya mengingatkan petugas maupun WBP untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Di tengah kondisi pandemi Covid 19 yang belum berakhir, Nimrod mengaku WBP Rutan Labuhan Deli Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara mampu berprestasi dan berhasil meraih juara tiga pada kompetisi cipta lagu se-Asia Tenggara yang oleh Yayasan Moralitas.  Rutan ini merupakan salah satu anggota Yayasan Moralitas Indonesia.

“Untuk lagu ciptaan warga binaan tersebut dapat ditonton dan didengar pada Youtube Rutan Labuhan Deli,” imbuhnya.

Mantan Kepala Pengamanan Rutan Tanjung Gusta itu juga menginformasikan kepada seluruh warga binaan pemasyarakat maupun keluarganya, bahwa pelayanan di sini tidak kena biaya apapun (tidak berbayar).

“Saat ini warga binaan di Rutan Labuhan Deli Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara sedang dibina. Jadi kita imbau agar para keluarga tidak memanjakam mereka. Jangan berikan uang, karena sarana dan prasarana mereka sudah dilengkapi,” tukas Nimrot.

reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment