Jokowi Akan Hadiri ISFBE 2021 Bawa Rempah Sumut Bersaing di Pasar Dunia

pameran rempah dunia

topmetro.news – Presiden RI Joko Widodo, sesuai rencana, akan membuka secara resmi pertemuan bisnis dan pameran rempah dunia ‘Indonesian Spices Forum dan Business Expo World’ (ISFBE) 2021.

Kegiatan itu akan berlangsung selama dua hari di Parapat, Danau Toba, 10-12 Desember 2021 mendatang.

Demikian diketahui saat Gathering Bersama Ketua Dewan Rempah Indonesia (DRI) Sumut Hj Nawal Lubis yang digelar di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Kamis (25/11/2021).

Kata Nawal, Sumut memiliki sejumlah rempah-rempah yang berkualitas ekspor. Seperti kemiri, lada, andaliman, kapulaga, cengkeh, jahe, dan kunyit. Rempah-rempah ini terdapat di Tapanuli, Simalungun, Dairi, Tanah Karo, dan Humbang Hasundutan.

“Hari rempah yang pertama ini merupakan momen untuk memberitahukan bahwa 11 Desember 1521 untuk pertama kalinya cengkeh kita ekspor lebih kurang 27 ton ke Spanyol. Dibawa berlayar oleh orang kaptennya yang merupakan Orang Melayu yakni Dampu Awang,” kata Nawal.

Pihaknya juga berterima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah menetapkan hari pertama peringatan Hari Rempah Nasional terlaksana di Sumut. Menurut Nawal yang juga istri Gubernur Sumut tersebut, bahwa dengan adanya kegiatan tersebut, maka akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Sumut. Khususnya para petani rempah.

“Jadi mereka nanti langsung dipertemukan dengan pembeli. Ada juga UMKM di sana. Serta acara ini juga terlaksana di Danau Toba untuk pengembangan tempat pariwisata tersebut,” ucapnya.

Panitia Penyelenggara ISFBE 2021 Ika Harini dari Pandawa Media Inovasi mengatakan, bahwa saat ini kesiapan acara sudah mencapai 70 persen. Acara gagasan Dewan Rempah Indonesia (DRI) bersama Kementerian Pertanian ini juga melibatkan KADIN Sumatera Utara. Juga melibatkan Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI).

Bukan hanya itu, acara juga mendapatkan dukungan penuh dari KADIN Indonesia dan Pemprov Sumut. Juga dukungan pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI.

Kejayaan Rempah

Harapannya, melalui ISBFE 2021, maka Indonesia dapat mengembalikan kejayaan rempah. Serta aktif membumbui dunia dengan meningkatkan perniagaan rempah ke seluruh penjuru dunia. Atas dasar itu, maka tema ISBFE 2021 adalah ‘Rebut Kembali Kejayaan Rempah Indonesia’.

Dalam kegiatan ini, penyelenggara mempertemukan para petani, pengusaha, UMKM dan pengolah rempah dalam satu forum bisnis yang benar benar konkret terukur.

Penyelenggaraan acara ISBFE 2021 ini merupakan pengejawantahan amanat Presiden Jokowi pada tahun 2017 kepada semua pemangku kepentingan rempah Indonesia. Yakni, untuk bersama sama mengembalikan kejayaan rempah Indonesia.

Sejumlah kementerian juga terlibat dalam kegiatan ISBFE 2021 ini. Tak hanya itu, mereka juga mengundang keikutsertaan dari mancanegara. Terutama para importir dan pengolah rempah yang menjadi sasaran ekspor rempah Indonesia. Seperti Singapura, Uni Emirat Arab, India, Maroko, Algeria, Tunisia, USA, Belanda, Brazil, Jerman, Belgia, dan banyak lagi.

Selama ISBFE 2021 berlangsung akan ada berbagai kegiatan, seperti Seminar Internasional ‘Mengembalikan Kejayaan Rempah’. Juga Seminar Nasional Jamu Tradisional, Pemilihan Duta Penerus Rempah Indonesia 2021. Kemudian, pameran rempah nusantara, kuliner rempah nusantara. Lalu, temu pengusaha rempah Indonesia, serta B2B Forum mempertemukan buyer dan seller.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment