Sebanyak 16 Siswa Ikuti Pembelajaran Metode Gasing di IT DEL

Metode Gasing adalah suatu metode pembelajaran matematika dengan langkah demi langkah yang membuat anak menguasai matematika secara gampang, asyik dan menyenangkan

topmetro.news – Metode Gasing adalah suatu metode pembelajaran matematika dengan langkah demi langkah yang membuat anak menguasai matematika secara gampang, asyik dan menyenangkan.

Menerapkan itu, Dinas Pendidikan Humbahas bekerjasama dengan Institut Teknologi Del (IT DEL) menggelar program Metode Gasing selama sebulan. Pesertanya 16 pelajar dan 16 guru SD, berlangsung di IT DEL.

IT DEL adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berkedudukan di Desa Sitoluama Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba.

Kadis Pendidikan Jonny Gultom mengatakan, Metode Gasing berbeda dengan metode pembelajaran yang biasa. Bisa mengerti lebih cepat sehingga soal yang diberikan mudah dikerjakan.

Karena, salah satu dari Metode Gasing adalah anak-anak dapat melakukan perhitungan di luar kepala (mencongak) dengan cepat.

“Kalau yang lama anak harus menggunakan jari untuk menghitung. Tapi cara Gasing, anak akan lebih paham karena mudah. Dan cepat dikerjakan,” kata Jonny usai memberangkatkan 16 orang pelajar dan 16 guru ke IT DEL, Kamis (2/12).

Dan ini, sambung Jonny, merupakan Program Bupati Humbang Hasundutan untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Humbang Hasundutan ini.

Tambahnya lagi, harapannya, kegiatan Metode Gasing untuk para guru akan sangat membantu siswa SD dalam mempelajari numerisasi/matematika/perhitungan. Terutama penjumlahan, perkalian, pengurangan, dan pembagian. Khususnya cara pengajaran yang menyenangkan, maka siswa nantinya dapat menerima pelajaran dengan baik.

Sehingga, lanjut dia, kwalitas pendidikan akan meningkat di Kabupaten Humbang Hasundutan. “Jadi, pelaksanaan Metode Gasing ini yang diikuti 16 orang pelajar SD dan 16 guru SD dilaksanakan dari tanggal 3 Desember 2021 sampai 5 Januari 2022 selama satu bulan penuh. Sebelum diberangkatkan diawali dengan rapit Antigen,” katanya.

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment