Kalapas Panyabungan Disertijabkan, Hamdi Hasibuan Jabatan Baru Kalapas Anak Kelas 1A Palembang

Kalapas Panyabungan Disertijabkan, Hamdi Hasibuan Jabatan Baru Kalapas Anak Kelas 1A Palembang

topmetro.news – Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara (Sumut) melakukan serah terima jabatan (Sertijab) empat pejabat struktural di lingkungannya.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Panyabungan, Hamdi Hasibuan dipromosikan menduduki jabatan baru sebagai Kalapas Anak Kelas IA Palembang, Sumatera Selatan.

Dan Kalapas Kelas III Kotanopan Mustafa Kamaluddin Simamora menggantikan Hamdi Hasibuan menjadi Kalapas Kelas IIB Panyabungan.

Acara sertijab yang dilaksanakan dihalaman dalam Lapas Kelas IIB Panyabungan, Senin (13/12/2021) ini dihadiri oleh Asisten III Pemkab Madina Sahnan Batubara, Ketua DPRD Madina Erwin Lubis SH, Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi SIK, Kajari Madina Taufik Djalal SH, Kepala PN Madina Muhammad Irsyad SH MH dan Kabid Pembinaan Bimbingan dan TI Kanwil Kemenkumham Sumut Muhammad Tavip SH MH.

Hamdi Hasibuan yang akan menempati jabatan baru sebagai Kalapas Anak kelas IA Kota Palembang dalam pidatonya menuturkan kata terima kasih kepada seluruh staf yang selama ini telah berjuang dan bekerja keras bersamanya untuk mewujudkan segala bentuk program pemerintah, khususnya dari Kemenkumham.

“Di sini saya mengucapkan terima kasih atas semua dukungan dan kerja keras yang selama ini telah di torehkan seluruh staf dalam mewujudkan lapas yang nota bene kini telah menjadi satu-satunya Lapas yang ada di Tabagsel dan Sibolga masuk dalam kriteria terbaik menuju WBK dan WBBM,” ujarnya.

Lalu Hamdi juga mengucapkan maaf kepada seluruh staf Lapas Panyabungan, mana tahu selama ia memimpin ada ucapan atau sikapnya yang salah serta menyinggung hati, semoga dapat dimaafkan.

Dalam pidatonya dia juga berpesan agar staf Lapas Panyabungan juga harus tetap bekerja keras bersama Kalapas yang baru demi mempertahankan, apa yang telah di perjuangkan selama ini.

Kalapas Kelas IIB Panyabungan yang baru, Mustafa Kamaluddin Simamora dalam pidatonya meminta kepada staf agar mendukungnya untuk bekerja dengan baik demi tetap bisa mempertahankan apa yang telah diperoleh Lapas Kelas IIB Panyabungan saat sekarang.

“Untuk dapat mewujudkan atau mempertahankan prediket yang telah didapat saat ini, saya tidak bisa bekerja sendiri. Saya perlu dukungan dari semua pihak agar bisa bekerja dengan baik demi melanjutan apa yang telah dilakukan oleh Kalapas yang lama,” pungkasnya.

Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh Hamdi Hasibuan saat menjabat Kalapas kelas IIB Panyabungan selama 11 bulan enam hari.

“Kinerja Hamdi Hasibuan sangat pantas kita apresiasi karena selama 11 bulan 6 hari beliau menjabat, telah banyak yang ia dilakukan. Dan ini sejarah baru di Lapas Panyabungan seorang Kalapas belum genap setahun sudah mendapat promosi jabatan,” sebutnya.

Dan sambungnya, mudah-mudahan saja penggantinya nanti bisa seperti beliau yang selalu melakukan koordinasi yang baik dan bagus demi kebaikan Lapas, khususnya warga binaan.

Karena ujarnya, ketika saya masuk tadi, tampak adanya keakraban petugas dengan warga binaan, jadi di sini konotasi bahwa Lapas itu kejam bisa tergeserkan. Dan mudah-mudahan warga binaan Panyabungan bisa berubah lebih baik dan bertanggungjawab.

Sementara itu Kabid Pembinaan Bimbingan dan TI Kanwil Kemenkumham Sumut Muhammad Tavip SH MH dalam sambutannya usai melakukan sertijab mengucapkan Selamat kepada pejabat yang menerima jabatan baru.

“Kakanwil berpesan perintah harian Jendral Pemasyarakatan itu harus dilaksanakan, seperti deteksi dini, pemberantasan narkoba dan meningkatkan sinergitas kapada Aparat Penegak Hukum (APH) maupun instansi pemerintah,” tandasnya.

Masih Tavip, seperti kata Ketua DPRD Madina, bahwa tembok yang tinggi, senjata yang lengkap, petugas yang terampil, bukan menjamin suatu keamanan di Lapas, tapi memanusiakan manusia di dalam, inilah keamanan yang paling kuat.

Dia juga berpesan kepada para petugas pemasyarakatan untuk selalu mendukung siapapun pemimpinnya. Seperti pada Lapas Panyabungan sebelumnya yang punya komitmen.

Pantauan topmetro.news, dalam acara sertijab tersebut selain Sertijab Kalapas Panyabungan juga dilakukan sertijab lainnya seperti Kalapas Kelas III Kotanopan dari Musthafa Kamaluddin Simamora kepada Kalapas baru Dekki Susanto. Karutan Natal Halason sinaga kepada Afip Herdian dan Karutan Sibuhuan kepada Elizama Gori.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment