Gubsu Berikan DIPA TA 2022 ke Pemkab Humbahas

Wabup Humbahas Oloan Paniaran Nababan SH MH terima DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) TA 2022 dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi

topmetro.news – Wabup Humbahas Oloan Paniaran Nababan SH MH terima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) TA 2022 dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Aula Tengku Rizal Nurdin, Pendopo Gubernur Sumatera Utara, Senin (13/12/2021).

Dalam paparannya, Gubernur menyampaikan beberapa hal terkait perkembangan pengelolaan pemerintah hingga kondisi pertumbuhan berbagai bidang, serta target capaian pada tahun mendatang, terutama pertumbuhan ekonomi, dimana posisinya sempat berada pada level minus (-3,49 persen) di 2020 dan 3-4 persen per November 2021. Adapun peningkatannya diupayakan mencapai 4-5 persen di anggaran 2022.

Dari total alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) diperuntukkan di Sumut sebesar Rp59,77 triliun, sebanyak Rp39,85 triliun dialokasikan untuk dana TKDD. Sedangkan untuk pengalokasian DIPA di Sumut 2022 besarannya Rp19,92 triliun.

“Target kita Sumatera Utara yang pertama adalah masalah pendidikan, kesehatan, pertanin dan infrastruktur. Jika yang lalu (awal pandemi Covid-19) kita alihkan untuk refocusing anggaran, sekarang ini kita hidupkan kembali (upaya pertumbuhan ekonomi), dengan dana Rp39 triliun yang sebagian terurai di Kabupaten/Kota hingga dana desa di seluruh Sumatera Utara,” jelas Gubernur.

Untuk tahun depan lanjut Gubernur, pembangunan pertanian (pangan) masih menjadi prioritas Pemerintah Provinsi dalam hal meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebab menurutnya, sektor ini termasuk yang dinilai mampu bertahan di tengah pailitnya ekonomi global saat pandemi Covid-19 melanda dunia.

Gubernur mencatat selama kurun hingga 2021, pertumbuhan ekonomi mengalami perbaikan sejak Pandemi Covid-19 melanda dunia pada awal 2020 lalu. Karena itu, dibutuhkan kerja bersama Pemerintah Pusat hingga ke Desa, dengan besaran total Rp59,77 triliun melalui penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2022.

Pertumbuhan Ekonomi

Untuk menggenjot laju pertumbuhan ekonomi, Edy meminta Pemerintah Kabupaten/Kota seluruhnya untuk turut aktif dalam hal peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui bantuan hingga pembinaan UMKM, mengelola secara maksimal sumber daya perekonomian yang potensial di daerah masing-masing, seperti pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan hingga pariwisata.

Dalam hal ini, dukungan Pemprovsu sebagai tangungjawab guna mempermudah akses distribusi bagi masyarakat, adalah memprogramkan pembangunan jalan Provinsi sepanjang 450 km di 2022 dengan anggaran Rp 2,7 triliun, dimana kondisinya masuk kategori rusak berat. “Namanya ada dana tahun jamak yang didahulukan dan dikerjakan di 2022. Nanti kita bayar secara bertahap menggunakan APBD kita. Ini cukup panjang, karena biasanya kita hanya bisa 30 km setiap tahun dari total jalan Provinsi 3.000 km,” jelasnya lagi.

Gubsu juga menegaskan bahwa Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2022 ini tidak akan diserahkan apabila tidak dihadiri oleh Kepala Daerah ataupun Wakil Kepala Daerah.

Dalam sambutan Plt Kepala Kanwil DJPb Sumut Kemenkeu, Syafriadi terkait penyerapan anggaran di akhir TA 2021 yang tinggal beberapa hari lagi, mengharapkan seluruh satker K/L dan Pemda/Pemko terkait DAK Fisik dan Dana Desa segera menyelesaikan pekerjaan/persyaratan salur dan mengajukan ke KPPN sesuai batas waktu yang telah ditentukan.

Akselerasi Belanja

Selanjutnya disampaikan pula bahwa dengan diserahkannya DIPA dan Daftar Alokasi TKDD, seluruh Satker dan Pemda/Pemko dapat segera melakukan akselerasi belanja, dengan melaksanakan tahapan pengadaan secara lebih dini, seperti lelang dan penandatanganan kontrak. Hal ini diharapkan akan memberikan multiplier effect yang positif terhadap perekonomian di Sumatera Utara. Diharapkan di TA 2022 ini pelaksanaan anggaran K/L dan Pemda/Pemko menjadi semakin berkualitas searah dengan tema kebijaksanaan fiskal 2022 “Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural”.

Pada kegiatan serah terima DIPA Tahun Anggaran 2022 ini, terdapat rangkaian acara berupa penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran ( DIPA ) Petikan secara simbolis kepada perwakilan satuan kerja K/L terpilih, penyerahan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2022 dan pemberian penghargaan atas keberhasilan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara meraih opini WTP atas LKPD tahun 2020 sekaligus berhasil mempertahankan predikat WTP tersebut selama 6 tahun berturut-turut.

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment