Ragusta Kebut Vaksinasi Terhadap WBP

vaksinasi

topmetro.news – Petugas Rumah Tahanan Kelas I Tanjung Gusta (Ragusta) terus mengebut vaksinasi terhadap seluruh warga binaan pemasyarakatan dan tahanan titipan yang mendekam di rutan tersebut.

Kepala Rutan Kelas I Tanjung Gusta, Theo Purba menjelaskan, untuk mempercepat vaksinasi terhadap tahanan dan WBP dj Rutan Tanjung Gusta, pihaknya menggandeng berbagai pihak. Salah satunya Bid Dokkes Polda Sumut.

“Kemarin, kita telah melaksanakan vaksinasi tahap I dengan target 2.000 dosis terhadap WBP,” ungkap Theo kepada topmetro.news, melalui pesan Whatsapp-nya, Rabu (15/12).

Rutan Kelas I Tanjung Gusta juga menggundang Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang untuk mengindentifikasi NIK para WBP, sebagai salah satu syarat mendapat vaksin dari pemerintah.

“Untuk mempermudah dan mempercepat proses vaksinasi, kita juga turut mengundang Disdukcapil Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang. Tujuannya agar para WBP mendapat NIK sebagai salah satu syarat untuk mendapat vaksin,” urai Theo.

Pada vaksinasi itu, kata Theo, Kapolda Sumut, Irjen Pol. Panca Putra Simanjutak didampingi Dir Narkoba Poldasu, Kombes Pol. Cornelius Wisnu Adji Pamungkas, Kabid Dokkes Poldasu, Kombes Pol Agustinus dan Kapolsek Medan Helvetita AKP. Heri Edrino meninjau langsung kegiatan tersebut.

Theo menyambut kedatangan jajaran orang nomor satu di Polda Sumut itu dan menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama yang sangat luar biasa sehingga pelaksanaan vaksin di Rutan I Tanjung Gusta Medan dapat berjalan dengan lancar dengan target 2000 dosis vaksin tahap I.

“Sampai saat ini, sudah 70 persen dari jumlah warga binaan yang mendekam di Rutan Tanjung Gusta yang mendapat vaksin. Kendala dalam memberikan vaksinasi terhadap warga binaan karena mereka tidak memiliki NIK, dan kita turut mengundang Disdukcapil untuk mendata NIK mereka,” paparnya.

Ia menekankan, pihaknya terus mengingatkan warga binaan dan petugas Rutan Kelas I Tanjung Gusta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Kita tetap menekankan agar seluruh penghuni Rutan Tanjung Gusta untuk tetap mematuhi prokes sesuai anjuran pemerintah. Selain itu, kita juga sediakan bilik strelisasi di dalam Rutan dan ruang isolasi bila ada warga binaan yang terpapar,” bebernya.

Tidak hanya itu, pemberian vitamin dan masker juga rutin dilakukan petugas terhadap warga binaan untuk menjaga imun tubuh mereka. Mereka terus diingatkan untuk tetap memakai masker dan menjaga jarak dalam aktifitas sehari-hari didalam rutan.

“Pemberian vitamin dan masker rutin juga dilakukan terhadap warga binaan untuk menghindari penyebaran Covid-19 di dalam Rutan,” urainya seraya menyebutkan jadwal kunjungan juga ditiadakan di dalam rutan.

Katanya, mereka terus berupaya untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19 di dalam rutan.

Reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment