Pemkab Aceh Singkil Laksanakan Seminar Tentang Ulama Kharismatik Syekh Abdurrauf As-Singkily

Pemkab Aceh Singkil Laksanakan Seminar Tentang Ulama Kharismatik Syekh Abdurrauf As-Singkily

Topmetro.news – Bupati Aceh Singkil Dulmusrid membuka secara resmi acara Seminar ulama besar nan Kharismatik Syekh Abdurrauf As-Singkily. Kegiatan yang diselenggarkan di Gedung Seni Budaya Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil tersebut diberi tema ‘Kilas Balik Syekh Abdurrauf As-Singkily Memacu Pembangunan Kabupaten Aceh Singkil’.

Dalam pidatonya Bupati mengatakan bahwa acara tersebut adalah kegiatan yang sangat penting karena bisa mengetahui sejarah ulama kharismatik tersebut secara lengkap.

“Sebuah kebahagiaan dan kehormatan bagi saya, sore ini dapat menghadiri seminar ini, begitu pentingnya seminar ini dilaksanakan. Supaya kita semua mengetahui sejarah Syekh Abdurrauf As-Singkily secara luas,” ucap Bupati. Senin (20/12/2021).

Lanjutnya, Syekh Abdurrauf Al Singkily lebih dikenal sebagai sosok Ulama Tasawuf yang juga menjabat sebagai Mufti Kerajaan di masa Sultanah Safiatuddin berkuasa di aceh.

Selain itu Syekh Abdurrauf Al-Singkily pernah mendirikan sekolah di Kampung mulia. Salah satu pemukiman penduduk yang jaraknya tidak jauh dari Daerah Aliran Sungai (DAS) krueng aceh, ujarnya.

Syekh Abdurrauf semasa hidupnya pernah menerbitkan beragam Kitab dalam Bahasa Arab dan Melayu. Topik kajian yang menjadi fokus Syekh Abdurrauf adalah interpretasi (Tafsir), Skolastik Teologi (Kalam). Sufisme (Tasawuf) dan Hukum Islam (Fiqih), terang orang nomor satu di Aceh Singkil tersebut.

Baca Juga : Pemkab Aceh Singkil Perketat Prokes Bagi Pengunjung yang Bertamu Ke Kantor Bupati

Harapan saya, setelah acara seminar ini terlaksana, kita semua dapat menghasilkan sebuah buku tentang sejarah Syekh Abdurrauf Al-Singkily yang dibahas secara tuntas, dan nantinya kita dapat memberikan buku ini kepada Sekolah-Sekolah dan Perguruan Tinggi yang ada di Aceh Singkil khususnya dan aceh umumnya.

“Jadi, seminar ini sangat bermanfaat jika dilakukan untuk mengetahui sejarah dari ulama besar kita. Semoga kedepan kegiatan ini tetap dapat dilaksanakan sebaik mungkin,” imbuhnya.

Reporter| Rusid Hidayat

Related posts

Leave a Comment