Bank Sumut Terapkan Pelayanan Digital Ke Nasabah

nasabah

topmetro.news – Era Digitalisasi saat ini Bank Sumut untuk sudah melakukan transformasi dan meningkatkan kualitas pelayanan dalam lingkup pekerjaan maupun nasabah.

Hal tersebut diungkapkan Pimpinan Bidang Humas Bank Sumut Datok Sulaiman kepada wartawan saat Wartawan mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilangsungkan di Lantai 2 Hotel Cembridge, Selasa (21/12/2021).

Diungkapkan Datok Sulaiman Bank Sumut telah memasuki era digitalisasi, seperti diketahui era digitalisasi adalah keniscayaan.

“Semua sektor harus mengikuti perkembangan dunia digital termasuk perbankan yang juga tidak terlepas dari digitalisasi,” katanya.

Lanjutnya kagi, perkembangan dunia digital ini, kata Sulaiman , menjadi tantangan besar di sektor usaha perbankan. Dua tahun belakangan, Bank Sumut telah banyak bertransformasi.

“Mobile banking Bank Sumut sangat bagus, Sumut Debit bisa digunakan di seluruh merchant. Begitu pula, ATM yang dapat melayani nasabah dengan tingkat kesuksesan transaksinya sangat tinggi, dimana Service Level Agreement (SLA) telah mencapai 99 persen, ini merupakan suatu perubahan yang cukup pesat,” ujarnya.

Selain itu juga, Bank Sumut mempunyai Internet Banking untuk korporasi, Layanan QRIS yang sedang dikembangkan dengan transaksi Mobile Banking nantinya.

Buka Akses

Masih menurut Datok Sulaiman Bank Sumut memiliki akses seperti Sumut LINK, Buka Akses Keuangan dan Peluang Usaha

Selain itu, produk yang paling membanggakan Bank Sumut yaitu Sumut Link. Sumut Link merupakan layanan dengan konsep sharing fee dengan agen yang akan bekerjasama dengan Bank Sumut. Sehingga agen yang akan bekerjasama dapat perorangan atau badan hukum/badan usaha yang mendaftar dengan persyaratan tertentu.

Ini sangat bermanfaat untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan Bank Sumut meski belum ada unit kantor Bank Sumut didaerah. Selain itu juga menjadi peluang kesempatan bekerja bagi perorangan yang ingin menjadi agen Sumut Link di mana saja.

“Di Sumut Link ini semuanya bisa dilakukan mulai dari pembukaan rekening, tarik tunai, setoran tunai, transfer antar bank, dan pembayaran serta semua bentuk layanan perbankan dapat dilakukan di Sumut Link,” ujarnya sembari mengatakan, pembagian keuntungan agen lebih besar yakni 80 persen sedangkan 20 persen kepada Bank Sumut.

“Kenapa agen lebih besar mendapatkannya dari Bank Sumut, karena mereka yang memiliki infrastruktur dan sumber daya pelayanannya. Ini terbuka kepada siapa saja yang ingin menjadi agen. Artinya, ini membuka peluang bisnis baru untuk setiap orang,” katanya.

Untuk tingkat digitalisasi Bank Sumut telah berada di posisi kedelapan dari 10 rating.

“Kami mengejar 2 rating lagi. Nantinya nasabah tidak perlu lagi datang ke kantor cabang. Artinya, nasabah yang ingin membuka rekening cukup dengan pembukaan rekening secara selfie saja,” ujarnya.

Selain itu, Bank Sumut juga memberikan kemudahan bagi nasabah dalam pengajuan kredit dengan memproses di KMG Online ataupun Kredit Fast pada website Bank Sumut. Ini satu di antara strategi Bank Sumut dalam menghadapi fintech yang semakin meluas.

Sulaiman menyampaikan, Bank Sumut harus mampu melakukan keduanya dalam satu waktu. “Kehadiran Bank Sumut menjadi jawaban dari kebutuhan itu, sehingga nasabah bisa melakukan keduanya dengan KMG Online. Dimana nasabah bisa mengajukan kredit multiguna secara online tanpa harus datang ke kantor cabang, dan dalam hitungan jam saja bisa langsung cair,” tuturnya .

Penulis | Rony Purba

Related posts

Leave a Comment