Bantu Peternak Lebah Madu dan Petani, Bupati Taput Tegaskan Siatas Barita Harus Jadi Ikon Wisata

Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi memberikan bantuan kepada petani dan peternak lebah di Kecamatan Siatas Barita

topmetro.news – Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi memberikan bantuan kepada petani dan peternak lebah di Kecamatan Siatas Barita. Bertempat di Aula Rimba Lestari Kecamatan Siatas Barita, Senin (10/1/2022).

Turut hadir beberapa Pimpinan Perangkat Daerah, Camat Siatasbarita, para kepala desa Siatas Barita, tokoh masyarakat, para petani, dan peternak lebah.

Mendukung budidaya Lebah Madu, Bupati Taput memberikan bantuan melalui Dinas Ketenagakerjaan berupa kotak madu sebanyak 1.000 buah. Kemudian mesin ekstraktor madu sebanyak dua unit. Di mana kotak madu dan mesin tersebut merupakan buatan UPT BLK Silangkitang Taput.

Ada pun penerima kotak madu adalah peternak dari Desa Simanampang, Lobuhole, dan Sidagal. Penerima mesin ekstraktor adalah BUMDes bersama tiga desa, yaitu Desa Simanampang, Lobuhole, dan Sidagal.

Atas permohonan masyarakat Kecamatan Siatas Barita, Nikson Nababan menyerahkan bibit tanaman berbuah dengan jumlah total 5.000 bibit. Yaitu 2.000 bibit durian, 1.000 bibit Alpukat, dan 2.000 bibit Makademia. Dengan penerimanya adalah 12 desa di Kecamatan Siatas Barita. Pemberian langsung oleh Bupati Nikson Nababan secara simbolis kepada masing-masing kepala desa.

Peternak lebah sangat berterima kasih dengan bantuan bibit tanaman berbuah. Karena sangat mereka butuhkan sebagai makanam lebah untuk kemajuan ternak lebah.

Siatas Barita Ikon Wisata

Dalam kesempatan tersebut Nikson Nababan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Siatas Barita atas terlaksananya arahan dari pemerintah. Bupati pun menegaskan bahwa Siatas Barita harus menjadi ikon wisata Ternak Madu.

“Sebagai kepala daerah tugas saya mendukung kemajuan ekonomi melalu bantuan ini. Tapi itu semua akan sia-sia bila kita tidak bersinergi. Kita harus kompak dan bekerjasama. Siatas Barita saya yakin bisa semakin maju dengan kepala desa yang baru dan bekerja cerdas. Kita harus semangat membangun Kecamatan Siatas Barita dan kiranya bisa mejadi pelopor bagi kecamatan yang lain,” ujar Nikson Nababan.

“Ke depannya saya berharap dengan Dana Desa bisa mandiri membuat kotak madu dan mesin ekstraktor. Dan juga untuk membangun infrastruktur di Kecamatan Siatas Baritan demi kelancaran ekonomi,” tuturnya.

Mengakhiri arahannya Bupati Nikson Nababan menekankan kepada masyarakat yang menerima bantuan agar bertanggungjawab penuh atas bantuan itu.

Dalam kesempatan sebelumnya Camat mengatakan, bahwa Bupati membawa perobahan signifikan kepada Kecamatan Siatas Barita. “Bantuan Bupati sudah terealisasi bagi kami. Di antaranya kotak madu sebanyak 1.000 kotak dan bahkan mesin ekstraktor buatan Tapanuli Utara. Semua desa di kecamatan ini kebagian semua bibit. Ini akan menjadi ikon dan produk unggulan dari Siatas Barita. Kami tetap memohon arahan dan bimbingan Bupati,” katanya.

Dalam kesempatan sama, Kadis Ketenagakerjaan menjelaskan, bahwa 1.000 kotak madu dan mesin ekstraktor adalah produksi balai latihan kerja.

“Melalui mesin ini hasil panen lebah madu akan menjadi dua kali lipat dari biasanya. Dan melalui bantuan ini masyarakat akan panen dua kali lipat dari sebelumnya. Dan dalam kesempatan yang berbahagia ini saya sampaikan bahwa dengan bantuan tersebut, ketiga desa akan menghasilkan 2 miliar per tahun,” ujar Kadis Ketenagakerjaan.

Dukung Bupati Taput

Di kesempatan itu, perwakilan 12 kades menyatakan, bahwa mereka komit apa pun arahan Bupati Nikson Nababan. Bantuan Bapak yang luar biasa ini, sangat berarti bagi kami. Ini sangat mendukung bertambahnya ekonomi di kecamatan kami. Kami sangat berterima kasih dan terharu atas perhatian bapak. Kami dukung doa dan dukungan selalu buat Bupati,” kata mereka.

Selanjutnya salah satu tokoh masyarakat, Simorangkir dalam sambutannya menyatakan rasabangga atas kehadiran Bupati di desa mereka. “Terima kasih yang sebesarnya buat Bupati atas bantuannya bagi kami. Kami sangat terharu atas perhatian Bapak Bupati. Kami doakan yang terbaik buat Bapak,” katanya.

Tokoh masyarakat pun menyerahkan ‘dengke sitiotio’ sebagai ucapan terima kasih kepada Bupati. Dengan doa dan harapan mereka untuk kepemimpinan Bupati Nikson semakin baik ke depannya. Di mana mereka siap mendukung semua program Bupati Nikson Nababan.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment