Hong Kong Larang Transit Pendatang dari RI Cegah Omicron

Hong Kong Larang Transit Pendatang dari RI Cegah Omicron

topmetro.news Pihak berwenang Hong Kong menerapkan kembali larangan pendatang dari 150 negara. Termasuk dari Indonesia yang transit di wilayah itu mulai Minggu (16/1/2022). Hal tersebut demi mencegah penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Juru bicara Bandara Internasional Hong Kong menuturkan 150 negara itu merupakan negara yang masuk dalam kategori Group A atau berisiko tinggi penularan Covid-19.

“Untuk mengendalikan penyebaran varian Omicron yang sangat menular, mulai 16 Januari hingga 15 Februari 2022, layanan transfer/transit penumpang melalui Bandara Internasional Hong Kong untuk setiap orang yang telah tinggal di negara Group A selama 21 hari terakhir akan ditangguhkan,” bunyi pernyataan bandara Hong Kong pada Jumat (14/1/2022).

Tak hanya Indonesia, sejumlah negara yang masuk dalam Grup A. Yakni Australia, Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Malaysia, Singapura, Jepang, Vietnam, dan India.

Aturan tersebut berlaku saat Hong Kong tengah menghadapi lonjakan sekitar 50 kasus Covid-10 varian Omicron sejak akhir tahun lalu.

Sebelum wabah Omicron menyebar, Hong Kong tak memiliki kasus transmisi lokal Covid-19 selama lebih dari 3 bulan.

Hong Kong memang masih melarang pendatang dari Indonesia masuk sejak Juni 2021 lalu.

Akan tetapi, kini Hong Kong juga melarang pendatang dari Indonesia transit di wilayahnya.

Pekan lalu, Hong Kong juga menambah larangan masuk dan transit dari Australia, Kanada, Prancis, India, Pakistan, Filipina, Inggris, dan AS karena alasan serupa.

 

Sumber: CNN

 

Related posts

Leave a Comment